Maslakhah, Atika Nurul (2023) PENGARUH PENDIDIKAN KELUARGA DAN KEAKTIFAN MENGIKUTI KAJIAN JUMAT PAGI TERHADAP PENGAMALAN AJARAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI SMKN 1 PANDAK BANTUL. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.
![[thumbnail of BAB I]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
19101608_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (691kB)
![[thumbnail of BAB II]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
19101608_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (364kB)
![[thumbnail of BAB III]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
19101608_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (395kB)
![[thumbnail of BAB IV]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
19101608_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (628kB)
![[thumbnail of BAB V]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
19101608_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (183kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara pendidikan keluarga dengan pengamalan agama Islam siswa kelas XI SMK N 1 Pandak. (2) Mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara keaktifan mengikuti kajian Jumat pagi dengan pengamalan agama Islam siswa kelas XI SMK N 1 Pandak. (3) Mengatahui besarnya pengaruh pendidikan keluarga dan keaktifan mengikuti kajian Jumat pagi terhadap pengamalan agama Islam siswa kelas XI SMK N 1 Pandak.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan tiga variabel yaitu pendidikan keluarga (X1), keaktifan mengikuti kajian Jumat Pagi (X2) dan pengamalan ajaran Agama Islam (Y). Subyek dalam penelitian ini siswa kelas XI yang beragama Islam dengan jumlah populasi 285, kemudian peneliti menemukan 166 sampel yang diambil dari sepuluh kelas menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data menggunakan metode angket/kuesioner, observasi, wawancara dan dokumetasi. Analisis instrumen meliputi uji validitas dengan rumus Aiken dan estimasi reliabilitas dengan Cronbach’s Alpha. Analisis data menggunakan uji regresi berganda.
Berdasarkan proses analisis, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Variabel pendidikan keluarga (X1) dan pengamalan ajaran Agama Islam (Y) memiliki hubungan yang positif dan signifikan yang ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar 0,487, dan nilai signifikasi sebesar 0,000. (2) Variabel keaktifan mengikuti kajian Jumat Pagi (X2) dan pengamalan ajaran agama Islam (Y) memiliki hubungan yang positif dan signifikan yang ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar 0,576, dan nilai signifikasi sebesar 0,000.(3) Pendidikan keluarga dan keaktifan mengikuti kajian Jumat Pagi memberikan pengaruh terhadap pengamalan ajaran Agama Islam ditunjukkan dari besarnya nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 41,5% adapun sisanya 58,5% pengamalan ajaran Agama Islam dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Keluarga, Keaktifan, Pengamalan ajaran Agama Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta |
Date Deposited: | 02 May 2024 05:50 |
Last Modified: | 02 May 2024 05:50 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/110 |