Alhusna, Ummi (2023) PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL SEKOLAH DAN PEMBIASAAN BUDAYA 5S TERHADAP PERKEMBANGAN AKHLAK SISWA DI SMA N 1 BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
19101651_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (871kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
19101651_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
19101651_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
19101651_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (638kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
19101651_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (192kB)

Abstract

Penelitian ini berusaha mengungkapkan seberapa besar pengaruh Lingkungan Sosial Sekolah dan Pembiasaan Budaya 5S Terhadap Perkembangan Akhlak Siswa di SMA N 1 Bantul Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara lingkungan sosial sekolah terhadap akhlak siswa, 2) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara lingkungan sosial sekolah terhadap akhlak siswa, 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan sosial sekolah dan budaya 5S terhadap akhlak siswa di SMA N 1 Bantul Yogyakarta.
Pelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tiga variable yakni variable lingkungan sosial sekolah (X1), pembiasaan budaya 5S (X2), dan akhlak (Y). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII. Dengan populasi 122 siswa. Pengumpula data menggunakan angket dan observasi,. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas, sedangkan analisis data menggunakan regresi ganda.
Berdasarkan analisis yang dilakukan dengan menggunakan uji regresi ganda, diperoleh kesimpulan bahwa : (1) Terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara lingkungan sosial sekolah (X1) dengan akhlak (Y). Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai korelasi (r ) sebesar 0,781dan p (sig) sebesar 0,000. (2) Terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara budaya 5S (X2) dengan akhlak (Y). Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai korelasi (r ) sebesar 0,767 dan p (sig) sebesar 0,000. (3) Secara bersama-sama variabel lingkungan sosial sekolah (X1) dan budaya 5S (X2) mempengaruhi akhlak siswa (Y) sebesar 64,2%. Adapun sisanya 35,8% akhlak siswa dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Sosial Sekolah, Budaya 5S, dan Akhlak
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 02 May 2024 07:11
Last Modified: 02 May 2024 07:11
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/112

Actions (login required)

View Item
View Item