UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI AMAL SALEH DAN BERBAIK SANGKA MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VIII A DI SMP N 1 DLINGO BANTUL YOGYAKARTA

Ulviyah, Ulin Ni'mah (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI AMAL SALEH DAN BERBAIK SANGKA MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VIII A DI SMP N 1 DLINGO BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
19101650_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
19101650_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
19101650_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
19101650_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
19101650_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (242kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi amal saleh dan berbaik sangka menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) di SMP N 1 Dlingo Bantul Yogyakarta. Metode yang digunakan peneliti adalah kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas Model Suharsimi Arikunto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP N 1 Dlingo berjumlah 32 siswa. Sumber data dari penelitian ini dari siswa kelas VIII A dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan dari penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan, proses penelitian tindakan kelas terdiri dari 2 siklus. Yang mana setiap siklusnya diawali dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas tersebut menunjukkan hasil bahwa pada kegiatan observasi kegiatan pembelajaran siswa terdapat peningkatan 80,76 % menjadi 100 %. Untuk hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan peningkatan hasil 72 % menjadi 90 %. Dan selanjutnya nilai dari hasil belajar siswa pada pretest menunjukkan hasil belajar 25 % meningkat di siklus 1 50 % kemudian meningkat lagi setelah mengalami perbaikan di siklus 2 menjadi 100 %. Dengan demikian penggunaan metode Problem Based Learning dianggap berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi amal saleh dan baik sangka karena pada penelitian tindakan kelas ini telah mencapai indikator keberhasilan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 02 May 2024 08:01
Last Modified: 02 May 2024 08:01
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/114

Actions (login required)

View Item
View Item