UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI (KISAH TELADAN LUQMAN) MELALUI METODE SNOWBALL THROWING PADA KELAS 5 DI SD NEGERI JANGKARAN TEMON KULON PROGO YOGYAKARTA

Munasikah, Munasikah (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI (KISAH TELADAN LUQMAN) MELALUI METODE SNOWBALL THROWING PADA KELAS 5 DI SD NEGERI JANGKARAN TEMON KULON PROGO YOGYAKARTA. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
17101254_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
17101254_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
17101254_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
17101254_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (835kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
17101254_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (406kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara dengan guru PAI di SD Negeri Jangkaran ditemukan masalah bahwa metode pembelajaran yang diterapkan belum bervariasi dan hasil belajar siswa yang tidak maksimal. Oleh karena itu, peneliti menerapkan metode snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Peneliti mengkaji mengenai: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI (Kisah Teladan Luqman) melalui metode snowball throwing di SD Negeri Jangkaran Temon Kulon Progo Yogyakarta? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar PAI (Kisah Teladan Luqman) melalui metode snowball throwing di SD Negeri Jangkaran Temon Kulon Progo Yogyakarta? Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pengumpulan data dilakukan dengan: (1) Wawancara dengan Guru PAI dan Kepala Sekolah, (2) Observasi dilakukan di SD Negeri Jangkaran, (3) Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data yang bersifat dokumen, (4) Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah implementasi metode snowball throwing. Teknik analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan analisis data kuantitatif menggunakan statistik sederhana. Hasil penelitian implementasi metode snowball throwing terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5. Hal ini dilihat pada hasil belajar siswa prasiklus menunjukkan 13 siswa tuntas KKM dengan persentase 46,4% dan 15 siswa tidak tuntas KKM dengan persentase 53,5%. Siklus I, siswa yang tuntas KKM sebanyak 20 orang dengan persentase 71,4% dan yang tidak tuntas KKM sebanyak 8 orang dengan persentase 28,5%. Siklus II menunjukkan 23 siswa tuntas KKM dengan persentase 82,1% dan 5 siswa tidak tuntas KKM dengan persentase 17,8%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Snowball Throwing, PAI, Hasil Belajar Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 02 May 2024 08:20
Last Modified: 15 May 2024 05:46
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/115

Actions (login required)

View Item
View Item