Muqorrobin, Muhammad (2022) IMPLEMENTASI PEMBACAAN ASMA'UL HUSNA UNTUK KESIAPAN BELAJAR DI SDN TIMBULHARJO BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.
1510992_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
1510992_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (312kB)
1510992_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (203kB)
1510992_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (272kB)
1510992_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (308kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa setelah pandemi peserta didik cenderung kehilangan motivasi dan semangat belajar. Untuk mempersiapkan agar peserta didik dalam pembelajaran maka sekolah mengadakan Asma'ul Husna yang diadakan setiap pagi sebelum pembelajaran di mulai. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana implementasi pembacaan asma'ul husna untuk kesiapan belajar pasca pandemi di SDN Timbulharjo Bantul. 2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam implementasi asma'ul husna untuk kesiapan belajar pasca pandemi di SDN Timbulharji Bantul.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan mengambil latar di SDN Timbulharjo Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedam=ngkan analisis data menggunakan teori Seiddel.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: Implementasi pembacaan asma'ul husna untuk kesiapan belajar pasca pandemi di SDN Timbulharjo Bantul yaitu (1) Perencanaa meliputi: (a) mempersiapkan model pelaksanaan Asma'ul husna akan digunakan. (b) menentukan waktu kapan pelaksanaan Asma'ul husna akan dilakukan, (c) mempersiapkan teks bacaan Asma'ul husna berupa lembaran kertas, (d) mempersiapkan rekaman suara pembacaan Asma'ul husna. (2) Pelaksanaan (a) Peserta didik dan guru masuk kelas dan membagikan teks Asma'ul husna kepada setiap peserta didik (b) Mendengarkan rekaman sambil membaca dengan nyaring bersama-sama (c) Memperdalam materi Asma'ul Husna
Faktor Pendukung dan penghambat implemntasi prmbacaan asma'ul husna untuk kesiapan belajar pasca pandemi di SDN Timbulharjo Bantul alat yang memadai seperti pengeras suara atau speaker di setiap sudut ruangandan teks Asma'ul Husna, anggaran dana yang tersedia, kerjasama yang baik antar warga sekolah, dan peserta didik sudah mengenal Asma'ul Husna. Faktor penghambat yaitu alat pendukung yang kurang merata, kurangnya konsistensi guru dalam mengawasi peserta didik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Asma'ul Husna, Kesiapan belajar, Pasca Pandemi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta |
Date Deposited: | 06 May 2024 08:47 |
Last Modified: | 06 May 2024 08:47 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/136 |