Manasikana, Arina (2022) PENGARUH METODE TALAQQI DAN HALAQAH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI PEMULA DI PONDOK PESANTREN AN NUR PUTRI PUSAT BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
18101459_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
18101459_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
18101459_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
18101459_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (946kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
18101459_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (879kB)

Abstract

Salah satu keberhasilan dalam proses pembelajaran dipengaruhi oleh metode yang digunakan seorang guru. Oleh karena itu, guru hendaknya memilih metode yang sesuai dengan kondisi siswa dan disesuaikan dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara pembelajaran metode talaqqi terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an santri pemula di Pondok Pesantren An Nur Putri Pusat (2) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara metode halaqah dengan kemampuan membaca Al-Qur’an santri pemula di pondok pesantren An Nur putri pusat, dan (3) seberapa besar pengaruh metode talaqqi dan halaqah terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an santri pemula di Pondok Pesantren An Nur Putri Pusat Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain non eksperimen. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu penerapan metode talaqqi (X1), metode halaqah (X2), dan kemampuan membaca Al-Qur’an (Y). Subjek dalam penelitian ini adalah santri pemula dengan jumlah 60 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, dokumentasi, observasi dan wawancara. Analisis angket meliputi analisis validitas dan reliabilitas, sedangkan analisis data menggunakan regresi berganda. Berdasarkan analisis yang dilakukan menggunakan uji regresi ganda diperoleh kesimpulan bahwa: (1) variabel penerapan metode talaqqi (X1) memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap variabel kemampuan membaca Al-Qur'an (Y), hal itu ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,639 dan nilai p (sig) sebesar 0,000. (2) variabel penerapan metode halaqah (X2) memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap variabel kemampuan membaca Al-Qur’an (Y). yang ditunjukkan dengan nilai korelasi (rx2y) sebesar 0,584 dan nilai p (sig) sebesar 0,000; (3) secara bersamaan, variabel metode talaqqi dan metode halaqah memiliki pengaruh sebesar 41,2% terhadap variabel kemampuan membaca Al-Qur’an. Adapun sisanya, yaitu 58,8% kemampuan membaca Al-Qur'an dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode talaqqi, Metode halaqah, Kemampuan Membaca Al-Qur'an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 06 May 2024 09:34
Last Modified: 06 May 2024 09:34
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/138

Actions (login required)

View Item
View Item