Rahmatulloh, Rahmatulloh (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI ASRAMA PELAJAR PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
16101190_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
16101190_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
16101190_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
16101190_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
16101190_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (373kB)

Abstract

Penelitian ini membahas Asrama Pelajar Pondok Pesantren Nurul Ummah sebagai salah satu Lembaga Pendidikan di Indonesia khususnya di daerah Kotagede Yogyakarta. Penelitian ini terfokus pada penerapan nilai-nilai Pendidikan multikultural yang ada di Asrama Pelajar Pondok Pesantren Nurul Ummah, implementasi nilai-nilai Pendidikan multikultural, dan relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian lapangan (filed research) yang dijabarkan secara deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini didapat melalui wawancara mendalam, dokumentasi observasi, dan trigulasi sumber serta Teknik yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan historis (sejarah) dan etnografi. Sedangkan metode analisis data menggunakan metode kualitatif, yaitu kodikfikasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Subjek penelitian adalah santri, Pengurus, serta ustadz yang ada di Asrama Pelajar Pondok Pesantren Nurul Ummah. Hasil penelitian ini menunjukan bawa: 1. Terdapat nilai-nilai Pendidikan multikultural yang ada di Asrama Pelajar Pondok Pesantren Nurul Ummah, 2. Nilai-nlai Pendidikan multikultural diimplementasikan melalui kegiatan-kegiatan dan program-program yang sudah ada, 3. Adanya relevansi antara nilai Pendidikan multikultural yang ada di Asrama Pelajar Pondok Pesantren Nurul Ummah dengan nilai Pendidikan multikultural dan tujuan Pendidikan Agama Islam. Adapun nilai multikultural yang diterapkan dalam setiap kegiatan dan programnya meliputi penerapan nilai-nilai Pendidikan multikultural dalam kegiatan muthola`ah dan musyawarah dan diajarkan untuk menerima argument dari santri lainnya. Pembelajaran tersebut merupakan upaya untuk membiasakan bersikap toleransi yang merupakan Pendidikan multikultural.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan multikultural, Pondok Pesantren, Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 07 May 2024 04:55
Last Modified: 07 May 2024 04:55
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/140

Actions (login required)

View Item
View Item