UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIAH MELALUI MEDIA KARTU GAMBAR PADA SISWA KELAS 1A MI TAHFIDZ AN NIDZOMIYYAH PIYUNGAN BANTUL

Mujib, Abdul (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIAH MELALUI MEDIA KARTU GAMBAR PADA SISWA KELAS 1A MI TAHFIDZ AN NIDZOMIYYAH PIYUNGAN BANTUL. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
16111195_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
16111195_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
16111195_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
16111195_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
16111195_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (314kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa penguatan dalam proses menghafal sangatlah penting di lingkungan sekolah. Salah satunya dengan memberikan strategi belajar, metode belajar dan hal-hal yang menarik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui keterampilan siswa dalam upaya meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiah melalui media kartu gambar 2) Untuk mengetahui hasil peningkatan siswa dalam kemampuan mengenal huruf hijaiah melalui media kartu gambar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif di MI Tahfidz An Nidzomiyyah Piyungan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teori Kurt Lewin. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Penerapan media kartu gambar untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenal huruf hijaiah siswa kelas IA MI Tahfidz An Nidzomiyyah Piyungan yaitu a) Melalui kegiatan wawancara dan belajar bersama, b) Melalui kegiatan pengenalan huruf, c) Melalui kegiatan belajar kelompok, d) Melalui peran guru. 2) Hasil kemampuan mengenal huruf hijaiah ini semakin meningkat berdasarkan dua indikator keberhasilan penelitian, yakni jumlah siswa yang mencapai ketuntasan dalam mengenal huruf hijaiah mengalami peningkatan sejak PraSiklus, Siklus 1 dan Siklus 2 mencapai 95%. Hal ini menunjukkan bahwa metode penerapan media kartu gambar dapat meningkatkan kemampuan dalam mengenal huruf hijaiah pada siswa kelas IA MI Tahfidz An Nidzomiyyah Piyungan Bantul.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Kartu Gambar, Kemampuan Mengenal, Huruf Hijaiah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 07 May 2024 06:45
Last Modified: 15 May 2024 05:42
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/144

Actions (login required)

View Item
View Item