DETERMINAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN (Studi Kasus Penjual Pakaian di Pasar Tradisional Karangkobar Banjarnegara)

Fitriyani, Risa (2022) DETERMINAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN (Studi Kasus Penjual Pakaian di Pasar Tradisional Karangkobar Banjarnegara). Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
18401581_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
18401581_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
18401581_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
18401581_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
18401581_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (668kB)

Abstract

Perkembangan ekonomi yang sangat pesat menjadikan persaingan bisnis menjadi semakin tinggi. Dengan adanya persaingan yang tinggi maka pelaku bisnis dapat menghalalkan berbagai cara untuk memperoleh keuntungan dengan mengabaikan etika-etika yang berlaku di agama maupun di masyarakat. Perilakuperilaku menyimpang masih banyak dijumpai di pasar tradisional seperti mengurangi jumlah takaran dan timbangan, pengoplosan yang berkualitas bagus dan kualitas buruk, dan tidak murah hati atau tidak ramah dalam melayani pembeli dengan menampilkan raut wajah yang kurang bersahabat. Dari hal tersebut peneliti ingin mengetahui lebih dalam terkait variabel-variabel Etika Bisnis Islam yang meliputi keadilan, kejujuran dan pelayanan yang baik (murah hati) apakah berpengaruh terhadap peningkatan jumlah pendapatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang termasuk penelitian asosiatif yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Hasil yang diperoleh adalah variabel keadilan secara persial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan. Hal ini dibuktikan dengan adanya nilai signifikansi yang bernilai <0,001 yang mana < 0,05 dan hasil uji t dengan t hitung > t tabel (4,914>1,984), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Variabel kejujuran secara persial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan. Hal ini dibuktikan dengan adanya nilai signifikansi yang bernilai <0,001 yang mana < 0,05 dan hasil uji t dengan t hitung > t tabel (3,968>1,984). maka H0 ditolak dan H1 diterima. Variabel kejujuran secara persial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan. Hal ini dibuktikan dengan adanya nilai signifikansi yang bernilai 0,004 yang mana < 0,05 dan hasil uji t dengan t hitung > t tabel (2,933>1,984). maka H0 ditolak dan H1 diterima. Variabel keadilan, kejujuran, dan perilaku yang baik secara simultan berpengaruh terhadap pendapatan. Hal ini di buktikan dengan adanya hasil uji F yang diperoleh F hitung (178,564) yang lebih besar dari F tabel (0,270) dan nilai probabilitas (sig.) sebesar 0,001 yang lebih kecil dari taraf signifikansi ( a 0,05) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keadilan, Kejujuran, Perilaku yang baik, Pendapatan
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 07 May 2024 08:34
Last Modified: 07 May 2024 08:34
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/148

Actions (login required)

View Item
View Item