PENGARUH METODE RESITASI DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI MI AL ISLAM KEMUJABANGKA

Fedora, Feren (2022) PENGARUH METODE RESITASI DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI MI AL ISLAM KEMUJABANGKA. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
18111505_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
18111505_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
18111505_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[thumbnail of BSB IV] Text (BSB IV)
18111505_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
18111505_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (105kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara metode resitasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di MI Al-Islam Kemuja Bangka. (2) mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan alam di MI Al-Islam Kemuja Bangka. (3) mengetahui pengaruh metode resitasi dan motivasi terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan alam di MI Al-Islam KemujaBangka. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan tiga variabel yaitu metode resitasi (X1) Motivasi (X2) dan Prestasi Belajar (Y) subyek dalam penelitian ini peserta didik kelas I sampai kelas VI dengan jumlah populasi 180, kemudian peneliti menemukan 50sempel yang diambil dari enam kelas menggunakan rumus Stratifed random sempilng. Pengumpulan data menggunakan metode angket/kuisioner dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi uji validitas dengan rumus Aiken dan uji reliabilitas dengan Cronbach’s. Analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan proses analisis, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel metode resitasi (X1) dengan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam (Y) yang ditunjukan dengan nilai rxy =2.184>1.67793 dengan nilai signifikan (0,003< 0,05) (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel motivasi (X2) dan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam (Y) yang ditunjukan dengannilairxy = 4.874>1.67793dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 (3) besarnya pengaruh metode resitasi dan motivasi terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan alam yang ditunjukan dari besarnya nilai
xix koefisien determinasi (R Square) sebesar 61,4 % adapun sisanya 38,6 % prestasi belajar ilmu pengetahuan alam dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Resitasi, Motivasi, Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 07 May 2024 09:16
Last Modified: 07 May 2024 09:16
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item
View Item