Fedora, Feren (2022) PENGARUH METODE RESITASI DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI MI AL ISLAM KEMUJABANGKA. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
18111505_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
18111505_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
18111505_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[thumbnail of BSB IV] Text (BSB IV)
18111505_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
18111505_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (105kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara metode resitasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di MI Al-Islam Kemuja Bangka. (2) mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan alam di MI Al-Islam Kemuja Bangka. (3) mengetahui pengaruh metode resitasi dan motivasi terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan alam di MI Al-Islam KemujaBangka. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan tiga variabel yaitu metode resitasi (X1) Motivasi (X2) dan Prestasi Belajar (Y) subyek dalam penelitian ini peserta didik kelas I sampai kelas VI dengan jumlah populasi 180, kemudian peneliti menemukan 50sempel yang diambil dari enam kelas menggunakan rumus Stratifed random sempilng. Pengumpulan data menggunakan metode angket/kuisioner dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi uji validitas dengan rumus Aiken dan uji reliabilitas dengan Cronbach’s. Analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan proses analisis, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel metode resitasi (X1) dengan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam (Y) yang ditunjukan dengan nilai rxy =2.184>1.67793 dengan nilai signifikan (0,003< 0,05) (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel motivasi (X2) dan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam (Y) yang ditunjukan dengannilairxy = 4.874>1.67793dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 (3) besarnya pengaruh metode resitasi dan motivasi terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan alam yang ditunjukan dari besarnya nilai
xix koefisien determinasi (R Square) sebesar 61,4 % adapun sisanya 38,6 % prestasi belajar ilmu pengetahuan alam dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Resitasi, Motivasi, Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 07 May 2024 09:16
Last Modified: 07 May 2024 09:16
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item
View Item