PENERAPAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGHAFAL MUFRODAT BAHASA ARAB MATERI ‘AFRAD AL’USRA SISWA KELAS IV C MI SANANUL ULA PIYUNGAN BANTUL

Alantari, Dini (2021) PENERAPAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGHAFAL MUFRODAT BAHASA ARAB MATERI ‘AFRAD AL’USRA SISWA KELAS IV C MI SANANUL ULA PIYUNGAN BANTUL. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
16111172_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
16111172_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
16111172_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
16111172_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
16111172_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (175kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa penguatan dalam proses menghafal sangatlah penting di lingkungan sekolah. Salah satunya dengan memberikan strategi belajar, metode belajar, hal yang menarik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kemampuan siswa dalam menghafal kosakata bahasa Arab di MI Sananul Ula Piyungan Bantul 2) untuk mengetahui hasil perkembangan siswa setelah diterapkannya belajar menghafal menggunakan media flashcard 3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam proses menghafal kosakata bahasa Arab. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif di MI Sananul Ula Piyungan Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teori kurt lewwis. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Penerapan media flashcard untuk meningkatkan kemampuan siswa daam menghafa kosakata bahasa Arab siswa keas IV MI Sananul Ula Piyungan yaitu a) melalui kegiatan wawancara dan belajar bersama, b) melalui kegiatan hafalan online, c) melalui kegiatan belajar bergilir dari rumah, d) melalui peran guru. 2). Hasil kemampuan menghafal kosakata ini semakin meningkat berdasarkan dua indikator keberhasilan penelitian, yakni jumlah siswa yang mencapai ketuntasan dalam menghafal kosakata mengalami peningkatan sejak pra siklus, siklus 1, siklus 2 dan siklus 3 mencapai 80%. Hal ini menunjukkan bahwa metode penerapan media flashcard dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal mufrodat bahasa Arab pada siswa kelas IV MI Sananul Ula Piyungan Bantul.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Flashcard, Kemampuan Menghafal, Mufrodat, Bahasa Arab
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 13 May 2024 05:30
Last Modified: 15 May 2024 05:38
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/169

Actions (login required)

View Item
View Item