Masfuatin, Lilik (2021) EFEKTIVITAS METODE CERAMAH DALAM PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.
![[thumbnail of BAB I]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16101157_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB II]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16101157_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (410kB)
![[thumbnail of BAB III]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16101157_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (397kB)
![[thumbnail of BAB IV]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16101157-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (595kB)
![[thumbnail of BAB V]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16101157_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (299kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui apakah terdapat efektivitas metode ceramah dalam pembelajaran online terhadap hasil belajar anak kelas VII pada mata pelajaran Akidah Akhlak. (2) Untuk mengetahui tingkat perbandingan efektivitas metode ceramah dalam pembelajaran online terhadap hasil belajar anak kelas VII pada mata pelajaran Akidah Akhlak.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian Preexperimental design. Pre-experimental design bukan merupakan eksperimen sungguh-sungguh karena masih terdapat variabel luar yang ikut berpengaruh dalam terbentuknya variabel dependent. Desain yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental design). Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII MTs Al Muhsin II tahun pelajaran 2020/2021, sedangkan sampelnya terdiri dari dua kelas X, yaitu kelas VII A berjumlah 20 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B berjumlah 20 sebagai kelas kontrol. Penelitian dilakukan pada kelas eksperimen satu yang diberi perlakuan model pembelajaran ceramah online dengan menggunakan media google meet dan kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran mandiri. Data yang digunakan adalah pemahaman materi dan hasil belajar kognitif siswa. Pemahaman materi diperoleh dari nilai angket, sedangkan hasil belajar kognitif diperoleh dari nilai posttest. Kelayakan instrumen pengambilan data didasarkan pada validitas isi menggunakan V Aiken dan reliabilitas menggunakan nilai Alpha Cronbach. Teknik pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk serta uji homogenitas Independent Samples T Test dan One Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode ceramah online lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di MTs Al Muhsin II (2) Metode pembelajaran ceramah online lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di MTs AL Muhsin II yang dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar kelompok ekperimen sebesar 76,5 dan kelompok kontrol sebesar 65,5 sehingga hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Online, Pemahaman Materi, Hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta |
Date Deposited: | 14 May 2024 09:42 |
Last Modified: | 15 May 2024 05:31 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/183 |