Handayani, Ika (2021) METODE ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATERI PAI KELAS XII DI SMK N 1 TEMPEL. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
17101309_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
17101309_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
17101309_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
17101309_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
17101309_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (260kB)

Abstract

Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) telah memaksa jutaan sekolah di dunia memutuskan untuk melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Begitu juga dengan pemerintah Indonesia telah memutuskan penerapan PJJ mulai dari pendidikan Anak Usia dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah, Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan juga Perguruan Tinggi. Bahkan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nabiel Makarim berencana ingin memutuskan untuk PJJ menjadi model pembelajaran yang permanen. Hal ini menjadi tantangan baru dalam dunia pendidikan bagaimana pembelajaran jarak jauh ini dapat berjalan secara efektif. Oleh karena itu peneliti bertujuan menganalisis dan mengkaji lebih dalam tentang: 1) Bagaimana metode orang tua dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran jarak jauh pada materi PAI dikelas XII? 2) Bagaimana implementasi metode orang tua dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran jarak jauh pada materi PAI di SMK Negeri 1 Tempel di Kelas XII? 3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat metode orang tua dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran secara jarak jauh pada materi PAI di SMK Negeri 1 Tempel di Kelas XII?. Penelitian ini juga untuk mengetahui dan memberikan informasi. Jenis penelitian ini adalah kulaitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan cara: 1) Observasi, observasi di SMK Negeri 1 Tempel, 2) Wawancara, wawancara kepada Orang tua wali peserta didik, Wakil Kepala Sekolah, Guru PAI dan beberapa peserta didik SMK Negeri 1 Tempel. 3) Dokumentasi, dokumentasi peneliti gunakan untuk memperoleh data yang bersifat dokumentatif. Sedangkan analisa data menggunakan teori seiddel dan tekhnik keabsahan data menggunakan uji kredibilitas trianggulasi. Hasil penelitian adalah bahwa metode orangtua dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran meliputi meliputi 1)Metode nasehat dan metode motivasi, 2)Metode Perhatian dan Pengawasan, 3)Metode pendukung. Adapun hasil dari implementasi metode orangtua dalam pembelajaran, yaitu: 1) Metode nasehat dan motivasi mendukung dalam aspek afektif dan psikomotorik. 2)Metode Perhatian dan Pengawasan mendukung dalam aspek psikomotorik. 3)Metode Pendukung dalam penelitian ini memberi pengaruh pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Adapun faktor pendukung dan penghambat yaitu; 1) Faktor Pendukung: Faktor Orang tua: (bantuan kuota) dan Faktor Peserta didik: (bantuan kuota dan dukungan orangtua). 2) Faktor Penghambat: Faktor Orang tua: (Anak masih harus selalu diingatkan dan pembelajaran kurang maksimal) dan Faktor Peserta didik: (kendala sinyal dan tidak semua materi dapat dipahami dengan mudah).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode, Efektifitas, Pembelajaran Jarak Jauh, PAI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 15 May 2024 06:10
Last Modified: 15 May 2024 06:10
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/185

Actions (login required)

View Item
View Item