Hidayati, Syarifah Nur (2021) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN FIKIH DI KELAS XI IIK 2 PUTRI MA AL MA’HAD AN NUR BANTUL. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
17101318_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (862kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
17101318_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
17101318_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
17101318_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
17101318_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (200kB)

Abstract

Datangnya virus Covid-19 ke Indonesia menyebabkan segala bidang terganggu, salah satunya adalah bidang pendidikan, dimana siswa diminta belajar secara jarah jauh (online). Hal ini menyebabkan proses pembelajaran berubah sehingga guru harus memutar otak bagaimana agar siswa mudah memahami pelajaran. Oleh karena itu peneliti bertujuan untuk menganalisis pembelajaran daring serta mengkaji lebih dalam: 1. Bagaimana pengimplementasian penilaian autentik selama proses pembelajaran daring untuk mata pelajaran fikih di kelas XI Autentik IIK 2 Putri MA Al Ma’had An Nur. 2. Apa hasil yang diperoleh dari pengimplementasian penilaian autentik selama proses pembelajaran daring untuk mata pelajaran fikih di kelas XI IIK 2 Putri MA Al Ma’had An Nur. 3. Apa sajakah faktor penghambat dan pendukung penilaian autentik selama proses pembelajaran daring untuk mata pelajaran fikih di kelas XI IIK 2 Putri MA Al Ma’had An Nur. Penelitian ini juga untuk mengetahui dan memberikan informasi. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kualitatif deskriptif dan pendekatan studi kasus. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara struktur dan semi terstruktur serta dokumentasi. Model analisis data untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian skripsi ini adalah: 1. Implementasi Penilaian Autentik pada Mata Pelajaran Fikih di kelas XI IIK 2 Putri MA Al Ma’had An Nur Bantul. Penilaian kompetensi sikap yang diterapkan dalam proses pembelajaran daring guru melihat keaktifan siswa ketika mengikuti pembelajaran melalui Goggle Meet 2. Hasil implementasi penilaian autentik pada proses pembelajaran daring untuk mata pelajaran Fikih di kelas XI IIK 2 Putri MA Al Ma’had An Nur Bantul yaitu: Ranah sikap siswa menjadi kurang antusias dalam belajar, ranah pengetahuan dirasa kurang memahamkan, ranah keterampilan membuat siswa lebih paham. 3. Faktor penghambat dan pendukung terlaksananya penilaian autentik pada pembelajaran daring mata pelajaran Fikih di kelas XI IIK 2 Putri MA Al Ma’had An Nur Bantul yaitu: a. Faktor pendukung: 1). Guru: fasilitas sekolah dan bantuan kuota. 2) Siswa: fasilitas sekolah. 3) Pengurus pondok: bantuan kuota. b. Faktor penghambat. 1). Guru: kesulitan dalam melakukan penilaian, kurangnya kesadaran siswa. 2). Siswa: sinyal buruk. pembelajaran tidak maksimal. 3). Pengurus pondok.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Autentik, Pembelajaran Daring, Fikih
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 27 May 2024 05:09
Last Modified: 27 May 2024 05:09
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/198

Actions (login required)

View Item
View Item