IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM IMAM AL-GHAZALI DI MTs MAARIF NYATNYONO UNGARAN SEMARANG

Miftakhurrohmah, Siti (2023) IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM IMAM AL-GHAZALI DI MTs MAARIF NYATNYONO UNGARAN SEMARANG. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
16101180_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
16101180_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
16101180_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
16101180_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
16101180_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (157kB)

Abstract

Pendidikan Islam tidak bisa dipisahkan dari pendidikan akhlak. Sebab tujuan pendidikan Islam adalah pembinaan Akhlak; menyiapkan anak didik untuk hidup di dunia dan di akhirat; penguasaan ilmu dan keterampilan bekerja dalam masyarakat. Dengan kata lain pendidikan Islam diartikan sebagai upaya sadar yang dilakukan oleh mereka yang memiliki tanggung jawab terhadap pembinaan, bimbingan, pengembangan serta pengarahan potensi yang dimiliki anak agar mereka dapat berfungsi dan berperan sebagaimana hakikat kejadiannya.
Adapun yang menjadi akhir tujuan dalam Pendidikan Islam ini agar mampu mengimplementasikan konsep Pendidikan Islam Imam Al Ghazālī dalam pengajaran di sekolah dan mampu diterapkan juga ketika di luar sekolah. Menjadi benteng keimanan yang tertanam dalam diri setiap warga sekolah.
Metodologi dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil latar MTs Maarif Nyatnyono, sember data pada penelitian ini mencakup sumber data primer dan sumber data sekunder, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengamati kegiatan pembelajaran. Wawancara dilakukan dengan guru dan siswa. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui sejarah sekolah, visi-misi, keadaan guru, jumlah siswa, sarana prasarana sekolah, letak geografis sekolah dan struktur organisasi sekolah. Pada teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa implementasi konsep pendidikan Islam Imam Al Ghazālī di MTs Maarif Nyatnyono, melalui lima aspek yaitu: 1) Pendidikan Keimanan 2) pendidikan Akhlak 3) Pendidkan Akliah 4) Pendidikan Sosial 5) Pendidikan jasmaniah dan metode pembentuknya dengan cara keteteladanan, kisah, hukuman dan ganjaran telah berjalan dan dapat disimpulkan bahwa dengan implementasi konsep pendidikan Islam prespektif Imam Al Ghazālī, siswa menjadi pribadi-pribadi muslim yang bertaqwa, mencegah diri dari hawa nafsu, dan berakhlak mulia, disiplin, sportif, tanggung jawab, semangat bekerja sama, serta taat kepada Allah dan Rasul-Nya, hormat kepada orang tua dan menyayangi terhadap sesama.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Al Ghazali, Pendidikan Islam, Moral, Metodologi, Observasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 03 Apr 2024 05:07
Last Modified: 20 Apr 2024 05:03
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/20

Actions (login required)

View Item
View Item