PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 2 GALUR TAHUN PELAJARAN 2021

Erwanda, Dedey (2021) PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 2 GALUR TAHUN PELAJARAN 2021. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
1410818_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
1410818_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (804kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
1410818_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
1410818_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (719kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
1410818_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (352kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa di saat mewabahnya pandemi covid-19 pembelajaran dilakukan secara daring atau online. Hal ini mengharuskan Guru Pendidikan Agama Islam untuk lebih terampil dalam memberikan pembelajaran kepada murid secara daring dengan tujuan agar pembelajaran bisa tercapai dengan baik. Adapun penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui bagaimana pembelajaran daring di SMP N 2 Galur. (2) Hasil pembelajaran daring: bahwa pembelajaran daring dengan pendekatan dan strategi yang dilakukan terbukti efektif, hal ini bisa dilihat dari meningkatnya persentase nilai ketuntasan belajar. (3) Mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung dalam melaksanakan pembelajaran daring di SMP N 2 Galur. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan mengambil latar di Sekolah SMP N 2 Galur yang diampu oleh guru Darmini S.Ag. Pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Teori Lexy J Moleong Triangulasi Sumber. Sedangkan analisa data menggunakan deskriptif kualitatif melalui tahap-tahap berikut : 1) Menelaah data 2) Reduksi data 3) Kesimpulan.. Kemudian keabsahan data menggunakan teknik kecukupan referensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran daring yang dilakukan guru PAI di SMP N 2 Galur yaitu: a) Pembelajaran daring PAI dengan multimedia. b) Pembelajaran daring PAI yang menekankan moto friendly. c) Pembelajaran daring PAI dengan diskusi dan penugasan berbasis online. d) Pembelajaran daring PAI berbasis proyek. e) Pembelajaran daring PAI berbasis evaluasi pada kegiatan. 2) Hasil dari penerapan pembelajaran daring dengan pendekatan dan strategi yang dilakukan di SMP N 2 Galur terbukti efektif, hal ini bisa dilihat dari meningkatnya persentase nilai ketuntasan belajar. 3) Faktor penghambat yang dihadapi guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran daring di SMP N 2 Galur adalah: a) Kekurangpahaman siswa dalam penggunaan teknologi. b) Kesalahan mindset beberapa orang tua siswa yang menolak pembelajaran daring. c) Kesulitan orang tua dalam membantu anak dalam mengerjakan tugas dan gangguan sinyal internet. d) Sulitnya memantau perkembangan siswa secara kesuluruhan (evaluasi). Sedangkan faktor pendukungnya yaitu: a) Sekolah memfasilitasi wifi untuk guru guna menunjang proses pembelajaran daring. b) Bantuan kuota gratis kepada siswa dari sekolah itu sendiri, BOS, dan dari kemendikbud.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, PAI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 28 May 2024 06:25
Last Modified: 28 May 2024 06:25
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/200

Actions (login required)

View Item
View Item