MANAJEMEN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENGHADAPI COVID-19 (Studi Kasus pada UMKM Susu Kedelai Plus Man Jadda Wajada di Desa Gunung Saren, Trimurti, Srandakan, Bantul)

Subekti, Ulistiyana Widi (2021) MANAJEMEN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENGHADAPI COVID-19 (Studi Kasus pada UMKM Susu Kedelai Plus Man Jadda Wajada di Desa Gunung Saren, Trimurti, Srandakan, Bantul). Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
16401220_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
16401220_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
16401220_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
16401220_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
16401220_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (402kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui manajemen pemasaran UMKM selama Covid-19 di Desa Gunung Saren, Trimurti Srandakan , Bantul. Untuk mengetahui manajemen produksi UMKM selama Covid-19 di Desa Gunung Saren, Trimurti Srandakan , Bantul.
Metodepenelitian penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan metode studi kasus.pada UMKM Susu Kedelai Plus Man Jadda Wajada. Adapun teknik pengumpulan data meliputi data primer dan data sekunder, data primer meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder meliputi, pengumpulan buku, artikel, jurnal, file dokumetasi, dan bahanbahan kepustakaan yang terkait penelitian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen pemasaranmemiliki beberapa tahap, tahap perencanaan melalui startegi door to door, pasar tradisional, ke sekolahsekolah, posyandu anak-anak, dan lain sebagainya.. Tahap Pengorganisasian mengelompokkan 5 orang karyawan terbagi dalam bagian, yakni di bagian gilingan, menyaring, memasak, pengemasan, dan pemasaran. Tahap penggerakan proses ini semua aktivitas dilaksanakan, dimana pemimpin atau ketua UMKM harus menggerakan semua karyawanan, serta memberikan motivasi, dorongan dan sebuah ketauladanan dalam memimpin. Tahap pengawasan mengawasi sebuah kegiatan atau pekerjaan yang sesuai dengan tugas pokok masing-masing, manajemen produksi memiliki beberapa pertimbangan seperti, proses keputusan menyakut proses produksi yang didalamnya mengatur cover kemasan serta fasilitas produksi lainnya, kapasitas keputusan masyarakat menyakut kapasitas produksi sebelum dan setelah pandemi , sehingga berdampak pada biaya persediaan, namun juga tidak kurang yang akan berdampak pada kekurangan pasokan bagi konsumen, persediaan keputusan/ kebijakan menyangkut jumlah persediaan proses produksi, mutu untuk memperhatikan mutu dari produk yang dihasilkan / diantarkan kepada konsumen. Hal ini dibuktikan dari pertama produksi sampai sekarang, yang mana selalu memperhatikan kualitasnya, dan sumber daya manusia

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, UMKM, Covid-19
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 31 May 2024 07:11
Last Modified: 31 May 2024 07:11
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/211

Actions (login required)

View Item
View Item