EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM TAHFIẒ AL-QUR‘AN DI KOMPLEK KHODIJAH PP. AN NUR NGRUKEM PENDOWOHARJO SEWON BANTUL (DITINJAU DARI CONTEXT, INPUT, PROCESS DAN PRODUCT)

Munawaroh, Lailatul (2021) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM TAHFIẒ AL-QUR‘AN DI KOMPLEK KHODIJAH PP. AN NUR NGRUKEM PENDOWOHARJO SEWON BANTUL (DITINJAU DARI CONTEXT, INPUT, PROCESS DAN PRODUCT). Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
17101278_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
17101278_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
17101278-BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
17101278_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (793kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
17101278_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (372kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pelaksanaan program Tahfiẓ sudah ada sejak Komplek Khodijah berdiri. Namun belum pernah ada yang mengevaluasi menggunakan teori-teori dari para ahli. Sehingga mendorong peneliti untuk menjadikan program tahfiẓ Al-Qur‘an Komplek Khodijah sebagai obek penelitian. Penelitian ini betujuan untuk 1) mengetahui pelaksanaan evaluasi program tahfiẓ Al-Qur‘an di Komplek Khodijah, 2) mengetahui hasil pelaksanaan evaluasi program tahfiẓ Al-Qur‘an di Komplek Khodijah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Model pendekatan dalam penelitian ini menggunakan teori dari Stufflebeam context, input, process dan product. Metode pengumpulan data yang paling utama yaitu angket, dan metode yang lain yaitu wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan uji validitas instrumen dengan menggunakan Rumus Formula Aiken dan uji reliabilitas instrumen dengan Cronbach’s Alpha.
Hasil penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan kegiatan evaluasi program dilakukan dengan model evaluasi context, input, process dan product (CIPP) dari Stufflebeam yang melibatkan 47 responden terbagi menjadi lima kelompok dengan rincian sebagai berikut, 1 pengasuh Komplek Khodijah, 2 pengurus departemen pendidikan, 4 ustaẓah, 10 wali santri atau orang tua dan 30 santri. 2) Hasil evaluasi program tahfiẓ Al-Qur‘an dengan model CIPP komponen konteks memiliki hasil rata-rata 4,5 dengan kategori sangat baik, komponen input memiliki hasil rata-rata 4,2 dengan kategori baik, komponen proses memiliki hasil rata-rata 4,4 dengan kategori sangat baik, komponen produk memiliki hasil rata-rata 4,3 memiliki hasil rata-rata 4,3 dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Tahfiẓ Al-Qur‘an dan Model CIPP
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 31 May 2024 07:54
Last Modified: 31 May 2024 07:54
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/213

Actions (login required)

View Item
View Item