PENGARUH PEMBELAJARAN METODE YANBU‘A DAN PROGRAM TASMI‘ TERHADAP PRESTASI HAFALAN AL-QUR'AN SANTRI PP AN NUR BANTUL KOMPLEK ATTARIQ

Latifah, Luluk (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN METODE YANBU‘A DAN PROGRAM TASMI‘ TERHADAP PRESTASI HAFALAN AL-QUR'AN SANTRI PP AN NUR BANTUL KOMPLEK ATTARIQ. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
17101280_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
17101280_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
17101280_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
17101280_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
17101280_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (169kB)

Abstract

Keberhasilan dalam menghafal Al-Qur'an ditentukan oleh banyak faktor, diantaranya adalah kualitas pengajar dan program yang dirancang. Penelitian ini bertujuan untuk,: (1) mengetahui adakah pengaruh yang positif dan signifikan antara pembelajaran metode Yanbu‘a terhadap prestasi menghafal Al-Qur'an di PP An Nur Bantul Yogyakarta komplek Attariq. (2) mengetahui adakah pengaruh positif dan signifikan antara program tasmi‘ dengan prestasi menghafal (3) mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran metode Yanbu‘a dan program tasmi‘ terhadap prestasi hafalan Al-Qur'an santri PP An Nur Bantul Yogyakarta komplek Attariq. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tiga variabel yakni penerapan metode Yanbu‘a (X1), program tasmi‘ (X2), dan prestasi hafalan Al-Qur'an (Y). Subyek dalam penelitian ini adalah santri yang sudah mengahafal dan diajar dengan metode Yanbu‘a dengan jumlah 40 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan angket. Uji validitas instrumen dilakukan dengan rumus Aiken’s dan estimasi reliabilitas dilakukan dengan Cronbach’s Alpha. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi berganda. Berdasarkan analisis yang dilakukan menggunakan uji regresi ganda diperoleh kesimpulan bahwa: (1) variabel pembelajaran metode Yanbu‘a (X1) memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap variabel prestasi hafalan Al-Qur'an (Y), yang ditunjukkan nilai koifisien korelasi (Rx1Y) sebesar 0,811, dan p (sig) sebesar 0,000. (2) variabel program tasmi‘ (X2) memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap variabel prestasi hafalan Al-Qur'an (Y). yang ditunjukkan dengan nilai korelasi (Rx2Y) sebesar 0,821, dengan nilai p (sig) sebesar 0,000. (3) secara bersamaan, variabel X1 dan X2 memiliki pengaruh sebesar 69,5% terhadap variabel Y. Adapun sisanya, yaitu 30,5% presatsi hafalan Al-Qur'an dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Metode Yanbu‘a, Program Tasmi‘, Prestasi Hafalan Al-Qur'an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 31 May 2024 08:34
Last Modified: 31 May 2024 08:34
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/215

Actions (login required)

View Item
View Item