STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PAIKEM DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA PROGRAM KEAHLIAN SENI LUKIS SEKOLAH MENENGAH SENI RUPA (SMSR) KASIHAN BANTUL

Darmawan, Muhammad Feri (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PAIKEM DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA PROGRAM KEAHLIAN SENI LUKIS SEKOLAH MENENGAH SENI RUPA (SMSR) KASIHAN BANTUL. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
19101605_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
19101605_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
19101605_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
19101605_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (946kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
19101605_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (339kB)

Abstract

Tentu setiap guru menggunakan berbagai metode untuk dapat menghidupkan lingkungan belajar (class orcestra) yang efektif dan efesien dan membuat siswa lebih senang dan bahagia dalam melakukan pembelajaran. Sekolah Menengah Seni Rupa yang dikenal dengan sebutan SMSR. Yang terletak di Kasihan, Bantul, DI.Yogyakarta. Ini menerapkan strategi yang sangat unik sehingga dari para guru hingga siswa dalam proses belajarnya menjadi menyenangkan. Sekolah Menengah Seni Rupa menggunakan strategi yang membaurkan antara pelajaran dengan kesenian agar siswa lebih semangat dan menyenangkan dalam proses belajarnya sehingga para siswa bisa berkarya dan menciptakan inovasi baru. Penelitian ini mempunyai beberapa tujuan yaitu untuk mengetahui Penerapan, Implikasi dan mengetahui Faktor pendukung dan penghambat Strategi Pembelajaran Berbasis PAIKEM dalam Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas 10 Lukis Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR) Kasihan Bantul. Penelitian ini mengambil jenis penelitian lapangan (field research) dengan mengambil obyek dari penelitian strategi pembelajaran berbasis PAIKEM yang diterapkan di mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kepada Siswa/i SMSR Kasihan Bantul kelas 10 lukis 1, 2 dan 3. Subjek penelitian ini adalah Wakil Kurikikulum, guru Pendidikan Agama Islam kelas 10 dan siswa kelas 10 lukis 1, 2 dan 3 di SMSR Kasihan Bantul dan informan yang diambil yaitu dari Wakil Kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam kelas 10 dan 3 siswa perwakilan dari 3 kelas 10 lukis yang ada di SMSR Kasihan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model Miles dan Huberman (interaktif) melalui tahapan dari mereduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kemudian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) di SMSR memberikan pengaruh perubahan yang baik dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam terkhusus pada kelas 10 lukis yang membuat siswa lebih aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Metode ini dipandang efektif diterapkan di SMSR Kasihan karena bisa meningkatkan semangat dalam proses belajar. Hal ini juga dilandasi oleh adanya faktor pendukung dan faktor penghambat, walaupun penerapan strategi PAIKEM ini belum maksimal akan tetapi SMSR selalu berusaha meningkatkan penerapan strategi PAIKEM ini agar tetap berjalan dengan lancar dan bisa membawa efek yang positif untuk seluruh siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi, PAIKEM, Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 03 Apr 2024 07:17
Last Modified: 20 Apr 2024 05:08
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/22

Actions (login required)

View Item
View Item