Khuzaimah, Nurlailia (2021) MANAJEMEN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI RA MASYITOH PERENG NGENTAKREJO LENDAH KULON PROGO. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.
1410864_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (935kB)
1410864_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (228kB)
1410864_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (104kB)
1410864_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (182kB)
1410864_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (144kB)
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pentingnya pendidikan agama Islam terhadap perkembangan anak usia dini(TK). Karena masa anak-anak merupakan masa yang sangat kondusif untuk menerapkan pendidikan agama Islam sebagai bekal untuk kelangsungan hidupnya. Maka dari itu pengaturan atau manajemen pendidikan agama Islam sangat penting untuk di kelola sebaik mungkin dengan harapan supaya tujuan pendidikan dapat tercapai dengan maksimal. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pendidikan agama Islam di RA Masyitoh ?? (2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan agama Islam di RA Masyitoh ?(3) Bagaimana penilaian pendidikan agama islam di RA Masyitoh ? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Memahami perencanaan pendidikan agama Islam di RA. Masyitoh (2) Memahami pelaksanaan pendidikan agama Islam di RA. Masyitoh (3) Memahami penilaian pendidikan agama Islam di RA Masyitoh.
Penenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi, partisipasi dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan Milles dan Habberman Pola yang meliputi tahap reduksi data, sajian data (display data), dan verifikasi dan kesimpulan data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen pembelajaran Pendidikan agama islam di RA Masyitoh pereng meliputi (1) Perencanaan pendidikan agama Islam di RA Masyitoh sangat penting untuk dilakukan. Karena dengan perencanaan pembelajaran yang sangat matang, pasti proses pembelajaran akan berjalan dengan lancar dan tepat sasaran sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai. Perencanaan pembelajaran meliputi: RPP, metode, media yang akan dipakai. Dalam perencanaan juga meliputi proses perencanaan semester dan perencanaan tahunan. (2) pengorganisasian pembelajaran pendidikan agama islam di RA Masyitoh terjadi dalam kegiatan pembelajaran, yang mana program pembelajaran di RA Masyitoh ada dua yaitu program sikap dasar dan pengembangan kemampuan dasar yang disebut dengan materi plus. Selain itu pelaksanaan pendidikan agama Islam juga terdapat pada aspek Nilainilai Agama Moral (NAM). (3) Penilaian pendidikan agama islam sangat mutlak diperlukan karena dengan adanya penilaian tersebut mampu mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan pencapaian pendidikan yang dicapai oleh peserta didik. Langkah-langkah penilaian yang dilakukan adalah: a. Merumuskan kegiatan, b. Menyiapkan alat penilaian, c. Pelaksanaan penilaian, d. Pencatatan hasil penilaian, dan e. Rekapan penilaian. Hasil dari manajemen pembelajaran Pendidikan islam yang dilakukan menghasilkan output peserta didik yang baik dalam bidang keagamaan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 06:27 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 06:27 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/223 |