PELAKSANAAN PROGRAM HABLUM MINAL ALAM PADA SISWA SD N 2 GLAGAH DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN KARAKTER KI HAJAR DEWANTARA

Nafisatun, Zulfa (2023) PELAKSANAAN PROGRAM HABLUM MINAL ALAM PADA SISWA SD N 2 GLAGAH DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN KARAKTER KI HAJAR DEWANTARA. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
19101653_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
19101653_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
19101653_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
19101653_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
19101653_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (187kB)

Abstract

Latar belakang disusunya penelitian ini berawal dari riset yang menunjukkan adanya hubungan antara pentingnya moral peserta didik dengan kehidupan sehari-hari. Faktor yang sangat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan anak adalah lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Masih banyak siswa yang kurang peka terhadap kebersihan dan keindahan lingkungan, sehingga mendorong seorang pendidik untuk melakukan suatu gerakan menuju karakter siswa yang peduli lingkungan. Membekali siswa yang berkarakter sesuai dengan Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara yang akan dibawa ke jenjang sekolah selanjutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan dan karakter siswa setelah mengikuti program Hablum Minal Alam dalam Perspektif Pendidikan Ki Hajar Dewantara Siswa SD N 2 Glagah, Kulon Progo. Jenis penelitian ini tergolong penelitian lapangan (field research), menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang telah diperoleh dianalisis dengan uji keabsahan data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian sebagai berikut: Pertama, pelaksanaan konsep pendidikan karakter Ki Hajar Dewantara melalui program Hablum Minal Alam Siswa SD N 2 Glagah, Kulon Progo dilakukan melalui beberapa tahap pelaksanaan yang meliputi: 1) pelaksanaan perencanaan dilakukan dengan menyusun sebuah rencana dan menentukan sebuah tujuan dengan mempertimbangan segala aspek. 2) Pelaksanaan program dilakukan dengan melakukan sosialisasi kepada siswa. 3) Pelaksanaan evaluasi dilakukan untuk mengukur sejauh mana pencapaian dari program tersebut. Kedua, karakter siswa SD N 2 Glagah setelah mengikuti program Hablum Minal Alam berdasarkan Perspektif pendidikan karakter Ki Hajar Dewantara yang meliputi: 1) Karakter Cinta Ilmu dan ketekunan, dengan mengikuti program melalui beberapa tahapan dengan tekun. 2) Karakter Kedisiplinan, yang ditunjukkan dengan adanya rasa peka dan sadar diri terhadap kebersihan sekolah. 3) Karakter Tangguh dan Berani menghadapi rintangan, ditunjukkan sikap siswa yang antusias menjalankan program. 4) Karakter Tanggung Jawab, siswa memiliki rasa tanggung jawab terhadap kebersihan diri, kelas dan lingkungan sekolah. 5) Karakter Pejuang, dengan semangat mengikuti setiap kegiatan dan program yang ada di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Ki Hajar Dewantara, Hablum Minal Alam
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 03 Apr 2024 08:09
Last Modified: 20 Apr 2024 05:10
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/23

Actions (login required)

View Item
View Item