Solikhah, Ummi (2021) PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MELALUI SOFT SKILL DI SEKOLAH AKAR RUMPUT PANDES PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.
![[thumbnail of BAB I]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16101105_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
![[thumbnail of BAB II]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16101105_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
![[thumbnail of BAB III]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16101105_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB IV]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16101105_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
![[thumbnail of BAB V]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16101105_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Ide penelitian ini peneliti dapatkan berdasarkan di Sekolah Akar Rumput tersebut belajar yang sebenarnya bukan tentang setiap ilmu yang diperoleh namun proses setiap belajar anak. Semakin marak era globalisasi, anak harus mempunyai karakter yang baik hingga terbawa sampai sukses. Kesuksesan anak bukan hanya ditentukan pengetahuannya (hardskill) namun cara anak mampu mengelola diri dan orang lain (softskill). Hak tersebut tidak jauh dari pendidikan karakter yang harus beriringan dengan softskill yang mana anak, orang tua harus saling menghargai hasil karya anak, mampu mengelola diri dan orang lain. Bahkan setiap anak diberikan waktu untuk berargumentasi, berdiskusi, dan diberikan kebebasan. Maka, peneliti tertarik meneliti Sekolah Akar Rumput yang membuat sofskill anak terlihat untuk bisa berfikir kritis, tanggung jawab, dan berkomunikasi dengan sopan serta berkarakter. Bahkan belajar juga bukan hanya duduk di dalam kelas namun juga belajar di alam dengan melakukan segala sesuatu yang dikerjakan juga termasuk belajar. Berangkat dari permasalahan yang ada, maka peneliti yang dilaksanakan di Sekolah Akar Rumput Panggungharjo Sewon Bantul mengambil jenis penelitiam lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara,dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model Miles dan Huberman melalui tahap-tahap sebagai berikut: 1) Mereduksi data 2) Penyajian data 3) Penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kemudian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji readibilitas dengan triangulasi sumber, yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menganalisi hasil dari berbagai sumber.
Berdasarkan penelitian dengan menggunakan metode sebagaimana di atas, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1) Pendidikan karakter anak melalui swoftskill di Sekolah Akar Rumput Panggungharjo Sewon Bantul dilaksanakan dengan adanya sebagai berikut: a) saling menghargai b) pembiasaan c) nasihat d) keteladanan e)kesepakatan: jaga diri, jaga temandan jaga lingkungan. 2) Karakter hasil dari sofskill di Sekolah Akar Rumput mengenai a) cara anak mudah berkomunikasi dan bersosialisasi, b) berfikir kritis, c)tanggungjawab. 3) Faktor yang mendukung dalam pelaksanaan pendidikan karakter anak melalui softskill yakni keluarga dan fasilitator. Sedangkan faktor yang menghambat anatara lain orang tua yang membatasi ruang gerak anak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Soft Skill, Sekolah Akar Rumput |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 08:32 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 08:32 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/234 |