Anisa, Nurul (2023) PENGARUH RELIGIUSITAS, PENGETAHUAN PRODUK, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT MENABUNG MASYARAKAT PADUKUHAN KURAHAN DI BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARI’AH BANGUN DRAJAT WARGA. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
19411770_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
19411770_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
19411770_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
19411770_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (901kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
19411770_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (147kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui adakah hubungan yang positif dan signifikan antara religiusitas masyarakat Dukuh Kurahan terhadap minat menabung di BPRS Bangun Drajat Warga. (2) Untuk mengetahui adakah hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan produk masyarakat Dukuh Kurahan terhadap minat menabung di BPRS Bangun Drajat Warga. (3) Untuk mengetahui adakah hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan sosial masyarkat Dukuh Kurahan terhadap minat menabung di BPRS Bangun Drajat Warga.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif oleh Masyarakat Padukuhan Kurahan di Bank Pembiayaan Rakyat Syari‟ah Bangun Drajat Warga. Sampel dalam penelitian yaitu warga kurahan yang berusia produktif berjumlah 85 sampel dan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling berupa pemilihan sampel secara acak. Teknik analisis data yang digunakan berupa regresi linier berganda dengan uji hipotesisnya secara parsial (uji t) digunakan untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing variabel independen secara individu, dan simultan (uji F) untuk mengetahui pengaruh yang secara bersama-sama dari variabel independen. Pengujian ini dibantu dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 25.
Hasil yang didapat dari penelitian ini berdasarkan uji t religiusitas tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap minat menabung di BPRS Bangun Drajat Warga dengan nilai t-hitung sebesar -0.158 dan signifikansi 0.875. Sedangkan pengetahuan produk dan lingkungan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di BPRS Bangun Drajat Warga dengan nilai t-hitung sebesar 3.548 serta signifikansi 0.001 dan nilai t-hitung sebesar 5.220 serta signifikansi 0.000. Hasil uji F menunjukan pengaruh secara bersama-sama dengan nilai F hitung 30.413 dan signifikansi 0.000.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Pengetahuan Produk, Lingkungan Sosial, Minat Menabung
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 06 Jun 2024 08:05
Last Modified: 06 Jun 2024 08:05
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/248

Actions (login required)

View Item
View Item