Muflihah, Zulfa (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI KEBANGSAAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR (Analisis pada Pembelajaran Tematik Tema 7 Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Al Ma’had An Nur Bantul). Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
18111512_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
18111512_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
18111512_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
18111512_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
18111512_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (69kB)

Abstract

Penelitian ini berpijak pada fakta bahwa lembaga pendidikan dasar sekalipun perlu mewaspadai gerakan radikal terutama dari gerakan Islam transnasional yakni melalui internalisasi nilai-nilai kebangsaan. Dalam hal ini, Madrasah Ibtidaiyah Al Ma‘had An-Nur Bantul merupakan bagian dari lembaga pendidikan dasar yang turut menyadari pentingnya penanaman nilai melalui internalisasi nilai-nilai kebangsaan dalam pembelajaran Tematik Tema 7. Terdapat dua pertanyaan yang menjadi fokus penelitian. Pertama, bagaimana pola integrasi nilai-nilai kebangsaan dalam pembelajaran Tematik Tema 7 pada siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Al Ma’had An Nur Bantul? Kedua, bagaimana proses internalisasi nilai-nilai kebangsaan dalam pembelajaran Tematik Tema 7 pada siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Al Ma’had An Nur Bantul? Siswa kelas II menjadi pilihan karena mereka sedang berada dalam fase yang paling dasar dalam proses pendidikan. Secara khusus, yang menjadi fokus adalah pembelajaran dan buku Tematik Tema 7 yang merupakan bagian paling lekat dengan keseluruhan proses pendidikan di lembaga tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengambil objek kelas II Madrasah Ibtidaiyah Al Ma’had An Nur Bantul. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif guna memberikan gambaran yang lebih komprehensif terkait objek kajian sesuai fokus penelitian. Data yang dikumpulkan ditelusuri melalui proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam hal ini, data yang berhasil dikumpulkan dipetakan ke dalam dua kategori yaitu data primer: data yang berkorelasi langsung dengan penelitian; dan data sekunder yang diposisikan sebagai data pendukung. Data-data ini kemudian dianalisis melalui tahap: transkrip hasil wawancara terhadap kepala sekolah, wakil kepala kurikulum, dan guru pengajar, mengorelasikan data terkait dengan objek sesuai fokus kajian; menjelaskan temuan dengan model interpretasi; memverifikasi kembali apa yang sudah dianalisis dan menarik simpulan. Dalam penelitian ini, ditemukan dua hal. Pertama, integrasi nilai-nilai kebangsaan dalam pembelajaran Tematik Tema 7 pada siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Al Ma’had An Nur Bantul eksis dengan dua pola yaitu pola [1] inheren yakni pola integrasi yang saling terkait antara nilai kebangsaan dengan pembelajaran tematik; dan pola [2] ekstern yakni pola integrasi nilai-nilai kebangsaan di luar dari kegiatan yang ada dalam pembelajaran tematik. Kedua, proses internalisasi nilai-nilai kebangsaan melalui pembelajaran Tematik Tema 7 pada siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Al Ma’had An Nur Bantul dilakukan melalui tiga tahap: [1] tahap transformasi nilai dalam hal ini guru menanamkan nilai kognitif atau pengetahuan tentang pembelajaran kepada siswa; [2] tahap transaksi nilai yaitu tahap siswa mulai aktif menanggapi nilai yang telah diberikan oleh guru pada tahap sebelumnya, dan [3] tahap transinternalisasi nilai yaitu tahap saat siswa dapat merasakan dan menerapkan hasil dari dua tahap sebelumnya dalam kehidupan sehari-hari. Pada tahap ini, terdapat tiga aspek yang eksis secara berkelindan: aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik, Nilai-nilai Kebangsaan, Madrasah Ibtidaiyah, al Ma‘had an-Nur
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 11 Jun 2024 05:24
Last Modified: 11 Jun 2024 05:24
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/277

Actions (login required)

View Item
View Item