Zahara, Fahima Rifki (2022) PENGELOLAAN PROGRAM TAHFIZ DALAM MENINGKATKAN MINAT HAFAL QUR’AN PADA MASA NEW NORMAL DI MI MIFTAHUL ULUM WARINGINSARI BARAT LAMPUNG. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.
18111503_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (930kB)
18111503_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (354kB)
18111503_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (328kB)
18111503_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (424kB)
18111503_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (279kB)
Abstract
Madrasah sebagai pengemban amanah pendidikan harus mampu melanjutkan perjuangan. Karena madrasah sebagai tumpuan harapan yang mampu membentuk jiwa yang berakhlakul karimah dan mampu menjadi benteng runtuhnya moral bangsa. Dengan didirikannya program Tahfiz Al-Qur’an diharapkan mampu menanamkan pada diri peserta didik jiwa cinta terhadap Al-Qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui pengelolaan program Tahfiz dalam peningkatan minat hafal Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Waringinginsari Barat Lampung, 2) untuk mengetahui hasil pengelolaan program Tahfiz dalam peningkatan minat hafal Qur’an di sekolah tersebut, dan 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pengelolaan program Tahfiz dalam peningkatan minat hafal Qur’an di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengambil objek kelas 1 – kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Wariginsari Barat Lampung. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode, observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dilakukan analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah, 1), Pengelolaan program Tahfiz dalam peningkatan minat hafal Al-Qur’an meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan sudah ada sejak berdirinya program ini dan didalam pelaksanaanya selalu diadakan musyawarah serta melihat program ada di MI Miftahul Ulum yang bertujuan untuk melihat kemampuan siswa dan Evaluasi Tahfiz yang dilakukan bersamaan dengan Ujian Semester. 2), Hasil Pengelolaan program Tahfiz dalam peningkatan minat hafal Al Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum dengan minat dan semangat anak-anak menghafal sangat tinggi. Dengan hasil yang memuaskan ini menunjukkan adanya minat yang tinggi bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Waringinsari Barat Lampung untuk menghafal Al Quran. 3), faktor pendukung dan faktor penghambat pengelolaan program Tahfiz dalam peningkatan minat hafal Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Waringinsari Barat. Faktor pendukung dalam program Tahfiz ini diantaranya adalah kenyamanan atau ketenangan, serta dukungan dari guru, dan dukungan dari wali murid yang sangat antusias. Faktor penghambat dalam program Tahfiz diantaranya yaitu faktor kedisiplinan baik guru maupun siswa, keterbatasan pengetahuan dan wawasan, dan terkadang siswa malas dalam menghafal
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, Program Tahfiz, New Normal |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 09:39 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 09:39 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/288 |