Karmila, Karmila (2022) PENERAPAN PROGRAM BINA PRIBADI ISLAM (BPI) DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN DAN JUJUR PADA PESERTA DIDIK KELAS 5B SDIT PERMATA HATI MERANGIN JAMBI. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.
18111507_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
18111507_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (650kB)
18111507_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (908kB)
18111507_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (577kB)
18111507_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (537kB)
Abstract
Mengingat sangat pentingnya pendidikanaagama bagi generasi muda, maka munculah inovasi-inovasi di bidang pendidikan salah satunya dengan munculnya sekolah yang berbasis islam, yang memadukan melalui Kurikulum Nasional dan nilai- nilai ajaran islam yaitu sekolah berlebel Islam Terpadu (IT). Sekolah Islam Terpadu memantapkan kepribadiaan islam yang dimiliki peserta didik demi membangun nilai-nilai religius yang sesuai dengan pendidikan nasional.َOleh sebab itu pendidikan karakter yang akan dibentuk dan dibina melalui program unggulan dalam pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT, melalui Program Bina Pribadi Islam (BPI). Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui penerapan program Bina Pribadi Islam dalam meningkatkan karakter disiplin dan jujur pada peserta didik SDIT Permata Hari Merangin Jambi, 2). Mengetahui hasil dari penerapan program Bina Pribadi Islam dalam meningkatkan karakter disiplin dan jujur pada peserta didik SDIT Permata Hati Merangin Jambi, 3). Mengetahui apa sajakah faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan program Bina Pribadi Islam dalam meneningkatkan karakter disiplin dan jujur pada peserta didik SDIT Permata Hati Merangin Jambi. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kualitatif deskriptif dan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teori Model Miles dan Huberman dengan tahap-tahap sebagai berikut: 1). Tahap Reduksi Data, 2). Tahap Data Display (Penyajian Data), 3). Tahap Kesimpulan/Verifikasi. dan pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah: Pertama, Proses penerapan Program BPI meliputi 1). Pelaksanaan 2). penyampaian materi dengan metode ceramah, 3). Penilaian, 4). Pembinaan dengan keteladanan, 5). Pembinaan dengan pembiasaan, 6). Pembinaan dengan nasehat, 7). Pembinaan dengan perhatian. Kedua Hasil pendidikan karakter pada peserta didik kelas 5B SDIT Permata Hati Merangin Jambi, memiliki karakter: 1). Jujur dalam niat dan kemauan, setiap Jumat siswa mengadakan sedekah jumat, dan melakukan Eathing Together 2). Jujur dalam perbuatan (bermuamalah), siswa bermuamalah berinteraksi dengan baik terhadap temannya 3). Jujur dalam perkataan, siswa dibiasakan melakukan ucapan-ucapan lisan yang baik seperti melakukan dzikir pagi, murajaah surat- surat pendek juz 30, bersholawat. 4). Disiplin dalam waktu, siswa sudah terbiasa melakukan sholat tepat waktu dan berjamaah. 5). Disiplin dalam belajar. Siswa memanfaatkan waktu belajar dengan maksimal. Ketiga, Faktor pendukung dalam penerapan program BPI dalam meningkatkan karakter disiplin dan jujur adalah minat positif dari siswa, visi misi sekolah, dan orang tua. Faktor penghambat yaitu lingkungan dari luar sekolah dan orang tua yang segan berkomunikasi dengan pihak sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Program Bina Pribadi Islam, Karakter Disiplin dan Jujur siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 04:40 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 04:40 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/296 |