EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM TAHFIẒ AL-QURꞌAN DI MTS AL MA’HAD AN NUR PENDOWOHARJO SEWON BANTUL (Ditinjau dari Context, Input, Process dan Product)

Oktaviani, Eka (2022) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM TAHFIẒ AL-QURꞌAN DI MTS AL MA’HAD AN NUR PENDOWOHARJO SEWON BANTUL (Ditinjau dari Context, Input, Process dan Product). Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
18101492_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
18101492_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
18101492_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
18101492_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
18101492_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (236kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya evaluasi pada suatu program untuk menghasilkan informasi yang baik dan tepat dalam memberikan tindak lanjut/ perbaikan pada program. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pelaksanaan program tahfiẓ Al-Qurꞌan di MTs Al-Ma’had An Nur, 2) mengetahui hasil evaluasi pelaksanaan program tahfiẓ Al-Qurꞌan di MTs AlMa’had An Nur.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Model pendekatan dalam penelitian ini menggunakan teori evaluasi program dari Stufflebeam yaitu evaluasi model CIPP (context, input, process dan product). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik yang mengikuti program tahfiẓ Al-Qurꞌan dengan jumlah 40 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan uji validitas isi instrumen dengan menggunakan rumus Aiken dan uji reliabilitas instrumen dengan Cronbach’s Alpha.
Evaluasi program tahfiẓ Al-Qurꞌan dengan model CIPP menunjukkan hasil bahwa dari ketiga indikator dalam komponen konteks, tujuan program memiliki nilai evaluasi paling rendah. Sedangkan pada komponen input, evaluasi yang paling rendah adalah lokasi belajar. Indikator komponen proses dan komponen produk yang memiliki nilai evaluasi paling rendah berturut-turut adalah metode dan media pembelajaran dan perubahan sikap siswa. Disarankan agar pelaksanaan program tahfiẓ Al-Qurꞌan di MTs Al-Ma’had An Nur dapat dilanjutkan dengan melakukan perbaikan pada indikator-indikator dengan nilai evaluasi terendah pada masing-masing konteks.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Tahfiẓ Al-Qurꞌan dan Model CIPP
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 13 Jun 2024 05:43
Last Modified: 13 Jun 2024 05:43
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/299

Actions (login required)

View Item
View Item