NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMA NEGERI 1 BANTUL

Ummah, Lathiifatul (2023) NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMA NEGERI 1 BANTUL. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
19101668_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
19101668_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
19101668_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
19101668_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
19101668_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (443kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi dari pembelajaran berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sekaligus nilai-nilai moderasi beragama yang terlihat dari siswa kelas X.I melalui pembelajaran berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data triangulasi, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data peneliti penggunakan teori Miles dan Huberman dan menggunakan teknik pemeriksaan data triangulasi sumber dan teknik serta menggunakan member check sebagai bukti keabsahan data. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa di SMA Negeri 1 Bantul dalam satu semester telah menerapkan tiga tema dalam pembelajaran projek P5, yaitu Gaya Hidup Berkelanjutan, Kearifan Lokal dan Kewirausahaan dimana dari setiap tema tersebut memiliki puncak display yang dilaksanakan di luar sekolah dan bekerjasama dengan lembaga formal. Dalam penerapannya, siswa telah menunjukkan sikap yang sesuai dengan dimensi Pancasila, seperti; Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan Global, Bergotong royong, Kreatif, Bernalar Kritis dan Mandiri. Melalui pembelajaran P5 tersebut, beberapa nilai dari moderasi beragama telah terlihat. Dari kesembilan nilai-nilai moderasi beragama, nilai yang terlihat adalah tawassuth, tawassuth (tengah-tengah), tasamuh (toleran), qudwah (kepeloporan), syura’ (musyawarah), muwathanah (cinta tanah air) dan I’tiraf al-Urf (ramah budaya).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Moderasi Beragama, Pembelajaran Projek P5
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 13 Jun 2024 08:50
Last Modified: 13 Jun 2024 08:50
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/302

Actions (login required)

View Item
View Item