Hidayat, May Rofi (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MELALUI FUN LEARNING DENGAN TEMA SYU’ABUL IMAN SISWA KELAS X6 DI SMAN 1 BAMBANGLIPURO BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
19101644_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
19101644_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (645kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
19101644_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
19101644_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
19101644_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (444kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlak Melalui Fun Learning Dengan Tema Syu’abul Iman Siswa Kelas X6 Di SMAN 1 Bambanglipuro Bantul Yogyakarta dan untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Hasil Belajar Akidah Akhlak Melalui Fun Learning Dengan Tema Syu’abul Iman Siswa Kelas X6 Di SMAN 1 Bambanglipuro bantul Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan metode kualitatif serta menerapkan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi, pretest dan protest. Metode analisis data menggunakan langkah-langkah penelitian dari beberapa jurnal dari peneliti sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan : 1)pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak melalui fun learning dengan tema syu’abul iman kelas X6 dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus 1 dan siklus 2 dengan tahapan kegiatan pembuka yang diawali dengan game konsentrasi, kegiatan inti diselangi dengan tebak gaya dan kegiatan penutup ada kuis singkat. 2) Hasil observasi Kegiatan Pembelajaran siswa kelas X6 SMAN 1 Bambanglipuro dan observasi keaktifan siswa dalam KBM tergolong rendah sebelum diterapkannya metode fun learning. Dan setelah diterapkannya metode fun learning pada siklus I dan siklus II maka terjadilah peningkatan. Hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Bambanglipuro masih tergolong rendah sebelum diterapkannya metode fun learning pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan materi syu’abul iman. Dilihat dari pre test dengan nilai rata-rata kelas dengan presentase 53 artinya belum mencapai KKM (75). Setelah diterapkannya metode fun learning maka terjadilah peningkatan pada post test siklus I nilai ratarata kelas dengan presentase 79. Dan pada siklus II nilai rata-rata kelas dengan presentase 88. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode fun learning dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan materi syu’abul iman di SMAN 1 Bambanglipuro.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Akidah Akhlak, Fun Learning, Syu’abul Iman
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 13 Jun 2024 09:26
Last Modified: 13 Jun 2024 09:26
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/303

Actions (login required)

View Item
View Item