Nurkhasanah, Siti (2023) PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK DAN MOTIVASI EKSTRINSIK TERHADAP PRESTASI HAFALAN AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ ANAK RHOUDHOTUL QUR’AN PANCA TUNGGAL MUSI BANYUASIN SUMATERA SELATAN. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.
16101153_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
16101153_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (468kB)
16101153_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (707kB)
16101153_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (923kB)
16101153_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (573kB)
Abstract
Menghafal Al-Qur’an sebanyak 30 juz merupakan aktivitas yang tidak mudah. Apalagi dilakukan oleh anak-anak usia remaja yang merupakan fase atau masa peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa. Keinginan kuat seseorang dalam menghafal Al-Qur’an lahir dari dorongan dalam diri maupun dorongan dari lingkungan sekitar. Dorongan tersebut merupakan motivasi intinsik dan ekstrinsik yang membantu aktivitas proses menghafal Al-Qur’an. Penelitian Skripsi ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi intrinsik terhadap prestasi menghafal Al-Qur’an, (2) mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi ekstrinsik terhadap prestasi menghafal Al-Qur’an (3) mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap prestasi menghafal Al-Qur’an di Pondok pesantren tahfidz anak Rhoudhotul Qur’an Panca Tunggal Sungai Lilin Musi Banyuasin Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tiga variabel yakni variabel motivasi intrinsik (X1), motivasi ekstrinsik (X2), dan prestasi menghafal Al-Qur’an (Y). Subjek dalam penelitian ini adalah santri kelas 6 SD dan 7 SMP Pondok Rhoudhotul Qur’an Panca Tunggal sebanyak 38 orang santri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, observasi, lembar penilaian dan wawancara. Analisis instrumen meliputi analisis validitas isi dan estimasi reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi ganda dengan didahului uji prasyarat yang meliputi uji linieritas, homogenitas dan normalitas. Berdasarkan analisis yang dilakukan dengan menggunakan uji regresi ganda dengan tingkat kesalahan 5%, diperoleh kesimpulan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif signifikan antara variabel motivasi intrinsik (X1) terhadap prestasi menghafal Al-Qur’an (Y) yaitu ditunjukan dengan nilai korelasi sebesar 0.961. (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi ekstrinsik (X2) dengan prestasi menghafal Al-Qur’an (Y) ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar 0.843. (3) besarnya pengaruh motivasi intrinsik (X1) dan motivasi ekstrinsik (X2) terhadap prestasi menghafal Al-Qur’an yaitu ditunjukkan dengan nilai R Square sebesar 99.8% adapun sisanya, yaitu 1% prestasi menghafal santri dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik, Prestasi Menghafal Al-Qur’an |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 06:13 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 06:13 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/314 |