Sari, Rahma (2023) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EDUTAINMENT BERBASIS PAIKEM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SDIT DARUL ILMI. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
17111334_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
17111334_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (940kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
17111334_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
17111334_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (796kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
17111334_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (228kB)

Abstract

Minat belajar dari siswa ketika mengikuti pembelajaran merupakan suatu hal yang penting untuk kelancaran proses belajar mengajar. Siswa yang mempunyai minat belajar yang tinggi ketika proses pembelajaran bisa menunjang proses belajar mengajar semakin baik, dan jika minat belajar siswa rendah maka kualitas pembelajaran akan menurun dan akan berpengaruh kepada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Inggris di SDIT Darul Ilmi melalui penerapan strategi pembelajaran edutainment berbasis PAIKEM. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDIT DARUL ILMI yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui adakah hubungan yang positif dan signifikan antara pengaruh penerapan strategi pembelajaran edutainment berbasis PAIKEM terhadap minat belajar siswa pada pelajaran Bahasa Inggris di SDIT Darul Ilmi Sungai Bawang. (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan strategi pembelajaran edutainment berbasis PAIKEM terhadap minat belajar siswa pada pelajaran Bahasa Inggris di SDIT Darul Ilmi Sungai Bawang.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan variabel yakni variabel penerapan pembelajaran PAIKEM (X) dan variabel minat belajar (Y). subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB siswa SDIT Darul Ilmi Sungai Bawang dengan sampel sebanyak 35 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, observasi, dan wawancara. Analisis instrument meliputi validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi.

Berdasarkan analisis yang dilakukan dengan menggunakan uji regresi sederhana, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan strategi pembelajaran PAIKEM (X) dengan variabel minat belajar (Y). Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar 0,309 dan p (sig) sebesar 0,000. (2) secara bersama-sama variabel penerapan pembelajaran PAIKEM (X) mempengaruhi keberhasilan minat belajar siswa sebesar 9,5% terhadap minat belajar siswa (Y). Adapun sisanya, yaitu 90,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Pembelajaran PAIKEM, Minat Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 20 Jun 2024 07:57
Last Modified: 20 Jun 2024 07:57
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/319

Actions (login required)

View Item
View Item