Aisha, Okfita Nur (2023) KONSEP PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER SEJAK DINI DALAM BUKU SEGENGGAM IMAN ANAK KITA. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.
![[thumbnail of BAB I]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
19101620_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (713kB)
![[thumbnail of BAB II]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
19101620_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (300kB)
![[thumbnail of BAB III]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
19101620_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (262kB)
![[thumbnail of BAB IV]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
19101620_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (284kB)
![[thumbnail of BAB V]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
19101620_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (157kB)
Abstract
Pendidikan karakter dapat digambarkan sebagai pendekatan terstruktur untukmenanamkannilai-nilai moral.Pendidikan karakter harus dimulai sejak dini, karena tanpa adanya bimbingan dari para pendidik dan pembiasaan sejak sedini mungkin karakter dalam diri seseorang akan sulit terbentuk. Buku Segenggam Iman Anak Kita karya Mohammad Fauzil Adhim memuat nilai-nilai karakter dan konsep penanaman karakter pada anak sejak umur 2 tahun hingga remaja. Tujuan dari penelitian ini: 1) Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku Segenggam Iman Anak Kita. 2)Untuk mengetahui konsep penanaman pendidikan karakter sejak dini dalam buku Segenggam Iman Anak Kita. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Objek penelitian berupa buku Segenggam Iman Anak Kita. Objek tersebut didiskripsikan dengan konsep pendidikan karakter Kemendikbud. Teknik pengumpulan data menggunakan kepustakaan. Sedangkan analisisdatamenggunakanteknikanalisisisi. Hasil dari penlitian ini menunjukkan bahwa Terdapat 3 nilai karakter dalambukuSegenggam Iman Anak KitayaituPercayadiri,mandiri, danintegritas. Dari tiga nilai karakter tersebut semuanya ada sangkut pautnya dengan penanaman iman terhadap anak. Seseorang yang imannya kuat dan di bentuk sejak kecil maka rasa percayadirinya akan tinggi dan itu juga didasari dari iman kedua orang tuanya. Tidak hanya percaya diri saja iman juga mempengaruhi integritas dan kemandirian seseorang. Adapun konsep Penanaman Karakter pada anak, terdapat 4 konsep penanaman karakter yang penulis analisis dari buku Segenggam Iman Anak Kita. 1) Memberikan Ucapan Positif Terhadap Anak. 2)Menyamakan Persepsi Antara Ayah dan Ibu.3)Membangun orientasi pada anak
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai,Pendidikan Karakter, Segenggam Iman Anak Kita |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 08:33 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 08:33 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/321 |