Risnawati, Ira (2021) PEMANFAATAN WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD N BAKALAN SEWON BANTUL. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
1510965_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (27MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
1510965_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (25MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
1510965_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (25MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
1510965_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (25MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
1510965_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (25MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan Whatsapp sebagai media pembelajaran pendidikan agama Islam pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri Bakalan Sewon Bantul, hambatan yang terjadi dalam pemanfaatan Whatsapp sebagai media Pembelajaran pendidikan agama Islam padamasa pandemi Covid-19 di SD Negeri Bakalan Sewon Bantul serta solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam pemanfaatan Whatsapp sebagai media pembelajaran pendidikan agama Islam pada masa pandemi Covid-19 di SD Negeri Bakalan Sewon Bantul. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif. Dlama penelitian ini metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara semi struktur serta dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dengan cara mereduksi data, menyajikan data serta penarikan kesimpulan dan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah : 1. Pemanfaatan Whatsapp sebagai media pembelajaran pendidikan agama islam pada masa pandemi covid-19 di SD Bakalan Sewon Bantul yakni pertama pemanfaatan yang dilaksanakan oleh guru kelas dalam kegiatan pmebelajaran yang memuat kegiatan berkomunikasi dengan peserta didik dan wali murid, absensi, menyampaikan materi, sarana diskusi, dan mengoreksi tugas peserta didik. Kemudian fitur yang sering digunakan fitur foto, video, dokumen, Group Whatsapp, dan call (telepon) secara langsung. Kemudahan dirasakan dengan kehadiran fitur whatsapp dan juga penggunaanya yang mudah dan dapat digunakan oleh berbagai kalangan. 2. Hambatan dalam pemanfaatan Whatsapp sebagai media pembelajaran pendidikan agama islam pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri Bakalan Sewon Bantul yaitu gangguan sinyal yang mengakibatkan whatsapp akan sulit diakses, kurang efektifnya proses pembelajaran, memori handpone yang cepat penuh dengan dokumen yang masuk, kurangnya interaksi antara guru dam peserta didik lainnya, serta pembelajaran menggunakan whatsapp juga kurang efektif karena tidak semua peserta didik paham akan tugas dan materi yang diberikan. 3. Solusi mengatasi hambatan dalam pemanfaatan Whatsapp sebagai media pembelajaran pendidikan agama islam di SD Negeri Bakalan Sewon Bantul yaitu dengan meminimalisir semua kendala baik dari gangguan jaringandengan memperpanjang jangka waktu pengiriman tugas, interkasi dengan videocaal atau menggunakan google meet dan melakukan interaksi seminggu sekali sesuai jadwal pertukaran buku pembelajaran, tetapi tidak meninggalkan oeran utama penggunaan wharsapp.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Whatsapp, Media Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 21 Jun 2024 07:41
Last Modified: 21 Jun 2024 07:41
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/326

Actions (login required)

View Item
View Item