Anwar, Muhammad Khoiril (2019) PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA MTSN 8 BANTUL DESA MUNTUK KECAMATAN DLINGO KABUPATEN BANTUL PROVINSI D.I YOGYAKARTA. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.
1210642_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
1210642_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (591kB)
1210642_BAB III.pdf - Updated Version
Restricted to Registered users only
Download (432kB)
1210642_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (662kB)
1210642_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (396kB)
Abstract
Pada masa ini teknologi berkembang sangat pesat salah satunya adalah smarttphone yang beredar di pasaran & digunakan oleh semua kalangan baik dewasa, remaja maupun anak-anak. Tidak dapat dipungkiri smartphone menjadi salah satu teknologi yang sangat populer karena kelengkapan fitur dan kemudahan dalam menggunakanya, smartphone dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan berbagai aplikasi sosial media. Penelitian ini berusaha mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan smartphone terhadap prestasi belajar PAI siswa- siswi MTsN 8 Bantul. Tujuan peneliatian ini adalah untuk : 1)Mengetahui ada tidaknya pengaruh Positif dan signifikan antara penggunaan smartphone terhadap prestasi belajar PAI siswa. 2)mengetahui besarnya pengaruh yang ditimbulkan dari penggunaan smartphone terhadap prestasi belajar PAI siswa-siswi MTsN 8 Bantul. Penelitian dalam skripsi ini berjenis penelitian deskriptif kuantitatif. Data pada penelitian ini diperoleh melalui angket yang diberikan kepada 30 siswa MTsN 8 Bantul. Analisis validitas angket menggunakan metode Pearson Correlation dan estimasi reliabilitasnya menggunakan teknik Cronbach’s alpha. Data dianalisis menggunakan teknik analisis korelasi product moment dan regresi sederhana. Berdasarkan analisis data yang peneliti lakukan dengan menggunakan uji korelasi product moment, dan dilanjutkan dengan uji regresi sederhana diperoleh kesimpulan bahwa :1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan smartphone dan prestasi belajar PAI siswa yang ditunjukan dengan nilai rxy = 0,581. Sifat hubungan keduanya adalah sedang. 2) Besar pengaruh penggunaan Smartphone terhadap prestasi belajar PAI ditunjukan dengan nilai R Square sebesar 0,338. Artinya penggunaan smartphone mempengaruhi prestasi belajar PAI sebesar 33,8%. Selebihnya yaitu sebesar 66,2% prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Prestasi Belajar PAI |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 08:22 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 08:22 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/340 |