Fauzie, TB. Azmi Umar (2019) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT KH. BISRI MUSTOFA (Telaah Kitab Syi’ir Mitra Sejati). Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
1410886_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
1410886_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
1410886_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
1410886_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (758kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
1410886_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (358kB)

Abstract

Islam merupakan agama yang memiliki misi membentuk dan menyempurnakan akhlak yang baik pada manusia. Akhlak mempunyai kedudukan yang sangat tinggi dalam kehidupan. Cara membentuk dan menyempurnakan akhlak yang baik adalah melalui pendidikan akhlak. Pendidikan akhlak mampu digunakan sebagai benteng dari serangan kemerosotan moral, karena pendidikan akhlak juga mampu membangun generasi baru bangsa yang lebih baik dalam berbagai aspek yang dapat memperkecil dan mengurangi penyebab berbagai masalah budaya dan karakter bangsa. Pendidikan tidak cukup hanya berhenti pada memberikan pengetahuan yang paling modern, namun juga harus mampu membentuk dan membangun sistem keyakinan, etika, nilai dan karakter yang kuat. Ada banyak cara dalam menyampaikan pendidikan, terutama pendidikan akhlak. Salah satunya adalah yang dilakukan KH. Bisri Mustofa melalui karya sastranya. Dengan melihat latar belakang di atas maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apa kandungan kitab syi’ir Mitra Sejati, apa nilai-nilai pendidikan akhlak menurut KH. Bisri Mustofa yang terdapat dalam kitab sy’ir Mitra Sejati, dan bagaimana relevansinya terhadap dunia pedidikan Islam sekarang. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), sedangkan dalam pengumpulan datanya menggunakan metode dokumenter, analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah analisis isi (content analysis). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) kitab syi’ir Mitra Sejati yang berisi tentang petuah dan nasehat yang sarat dengan nilai-nilai akhlak, yang kesemuanya hampir terjadi dalam kehidupan manusia sehari-hari, mulai dari aspek diri sendiri sampai bangsa dan negaranya. (2) nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab syi’ir Mitra Sejati adalah aspek pendidikan akhlak diantaranya tujuan pendidikan akhlak, pendidik, peserta didik, materi pendidikan yang berisi nilai pendidikan akhlak terhadap Allah, pendidikan akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap orang tua, guru, bangsa dan negara, akhlak terhadap lingkungan, dan sosial masyarakat.(3) relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak terdahap dunia pendidikan saat ini adalah pentingnya penanaman pendidikan akhlak sejak kecil terhadap anak, pendidikan budaya bangsa, pendidikan kewarganegaraan, pendidikan dengan syi’ir, dan juga pengaplikasian pembelajaran dengan syi’ir guna melestarikan budaya yang ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Akhlak, Syi’ir
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 27 Jun 2024 09:23
Last Modified: 27 Jun 2024 09:23
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/344

Actions (login required)

View Item
View Item