Oktavia, Nur Intan (2019) PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PAI DI PONDOK PESANTREN EXCEL DIGITAL AL-HANIF KLATEN. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
1510976_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
1510976_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
1510976_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
1510976_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
1510976_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (565kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Pondok Pesantren yang memanfaatkan TIK sebagai media pembelajaran. Teknologi pada saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Seiring dengan perkembangan teknologi yang mengglobal telah berpengaruh dalam segala aspek kehidupan baik dalam bidang ekonomi, politik, seni dan kebudayaan bahkan di dunia Pendidikan. Penelitian ini bertujuan menganalisis secara kritis tentang penerapan, implikasi, faktor pendukung dan penghambat dari Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikadi Dalam Pengembangan Pembelajaran PAI di Pondok Pesantren Excel Digital Al-Hanif Klaten .
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisa data menggunakan teori Janice Mc Drury melalui tahap-tahap sebagai berikut: 1) Membaca/ mempelajari data, menandai kata-kata kunci dan gagasan dalam data. 2) Mempelajari kata-kata kunci itu, berupa menemukan tema-tema yang berasal dari data. 3) Menuliskan ‘model’ yang ditentukan. 4) Koding yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pengembangan Pembelajaran PAI di Pondok Pesantren Excel Digital Al-Hanif Klaten Dengan menggunakan Teknologi Informasi seperti: Laptop, Handphone, LCD Proyektor, dan Hotspot Area. Serta menggunakan Teknologi Komunikasi seperti: E-mail, Powerpoint, dan WhatsApp. Pembelajaran menggunakan Laptop dengan memberikan File PDF kitab kuning kepada masingmasing santri sebagai bahan ajar nantinya. 2. Implikasi dari Penerapan TIK dalam Pengembangan Pembelajaran PAI diantaranya: Santri menjadi Aktif dengan santri memiliki forum diskusi secara online dan dibebaskan untuk mencari data referensi melalui internet yang nantinya tetap medapat koreksi dari ustaz pengajar, santri melek teknologi, belajar tanpa batas ruang dan waktu dengan e-learning. 3. Faktor yang mempengaruhi dari Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pengembangan Pembelajaran PAI di Pondok Pesantren Exce Digital AlHanif Klaten ada dua hal yaitu faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung yaitu: niat santri untuk mondok tinggi, minat orang tua dalam memondokkan anak tinggi, lingkungan yang kondusif. Sedangkan faktor penghambat yaitu: belum meratanya infrastruktur, beban orang tua berat, keamanan pondok kurang memadai, kurangnya kepercayaan diri santri dalam menggunakan TIK sebagai media pembelajaran, kurangnya kompetensi ustas dalam dunia TIK.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Teknologi, Pembelajaran PAI, Pondok Pesantren
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 01 Jul 2024 08:27
Last Modified: 01 Jul 2024 08:27
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/353

Actions (login required)

View Item
View Item