Afifah, Ni'matun Nur (2020) PENGARUH BIMBINGAN GURU BK DAN PEMBINA PRAMUKA TERHADAP KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS VIII SMP N 1 SANDEN BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
16101096_COVER_BAB I.pdf - Published Version

Download (4MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
16101096_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
16101096_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
16101096_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (678kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
16101096_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (497kB)

Abstract

Penelitian ini berusaha mengungkap seberapa besar pengaruh bimbingan guru BK & pembina pramuka terhadap karakter religius siswa kelas VIII SMP N 1 Sanden Bantul Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) mengetahui adakah hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan guru BK dengan karakter religius siswa kelas VIII SMP N 1 Sanden Bantul Yogyakarta, 2) mengetahui adakah hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan pembina pramuka dengan karakter religius siswa kelas VIII SMP N 1 Sanden Bantul Yogyakarta, 3) mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan guru BK & pembina pramuka terhadap karakter religius siswa kelas VIII SMP N 1 Sanden Bantul Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain noneksperimen. Ada tiga variabel dalam penelitian ini, yakni variabel bimbingan guru BK (X1), bimbingan pembina pramuka (X2) dan karakter religius siswa (Y). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Sanden sebanyak 61 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Sedangkan analisis data menggunakan analisis regresi ganda.
Berdasarkan analisis yang dilakukan dengan menggunakan uji regresi ganda, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel bimbingan guru BK (X1) dengan karakter religius siswa (Y). Hal tersebut dibuktikan dengan nilai korelasi (rx1y) sebesar 0,706 dan nilai p signifikan sebesar 0,000. 2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel bimbingan Pembina pramuka (X2) dengan karakter religius siswa (Y). Hal tersebut dibuktikan dengan nilai korelasi (rx2y) sebesar 0,703 dan nilai p signifikan sebesar 0,000. 3) Secara bersama-sama, variabel bimbingan guru BK (X1) dan variabel bimbingan Pembina pramuka (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap karakter religius siswa (Y). Hal tersebut dibuktikan dengannilai F hitung = 50,890 > F tabel = 3,16 dengan tingkat kesalahan 5% dan tingkat signifikan 95% dan p (sig) < atau 0,000 < 0,05. Adapun besarnya pengaruh bimbingan guru BK dan Pembina pramuka terhadap pembinaan karakter religius siswa ditunjukkan dengan nilai R2/ Rsquare yaitu sebesar 0,637. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa karakter religius siswa kelas VIII SMP N 1 Sanden dipengaruhi oleh bimbingan guru BK dan bimbingan Pembina pramuka sebesar 63,7%. Adapun sisanya 36,3% karakter religius siswa dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Guru BK, Bimbingan Pembina Pramuka, Karakter Religius Siswa.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 08 Jul 2024 07:40
Last Modified: 08 Jul 2024 07:40
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/376

Actions (login required)

View Item
View Item