Ni'mah, Naila Fauzatun (2023) PENGARUH METODE MIND MAPPING DAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PAI PADA SISWA KELAS X DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SMK N 2 SEWON BANTUL TAHUN AJARAN 2023/2024. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.
19101671_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (688kB)
19101671_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (346kB)
19101671_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (363kB)
19101671_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (554kB)
19101671_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (253kB)
Abstract
Salah satu keberhasilan dalam proses pembelajaran dapat dipengaruhi oleh faktor pengunaan metode yang tepat. Maka dengan itu, diperlukannya pemilihan yang sesuai demi tersampaikannya materi pembelajaran dan tercapainya tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara metode mind mapping dengan hasil belajar PAI siswa kelas X Desain Komunikasi Visual SMKN 2 Sewon, 2) ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara metode mind mapping dengan hasil belajar PAI siswa kelas X Desain Komunikasi Visual SMKN 2 Sewon, dan 3) seberapa besar pengaruh metode mind mapping dan jigsaw terhadap hasil belajar PAI siswa kelas X Desain Komunikasi Visual SMKN 2 Sewon. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Terdapat tiga variabel yakni metode mind mapping (X1), metode jigsaw (X2), dan hasil belajar (Y). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X DKV SMKN 2 Sewon dengan jumlah 62 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis kuesioner meliputi analisis validitas dan reliabilitas sedangkan analisis data menggunakan regresi berganda. Berdasarkan analisis yang dilakukan dengan uji regresi berganda diperoleh kesimpulan bahwa: 1) variabel metode mind mapping (X1) memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap variabel hasil belajar (Y). hal itu dibuktikan dengan penghitungan t hitung > t tabel sebesar 2,056 > 1,99897, 2) variabel metode jigsaw (X2) memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar (Y) berdasarkan penghitungan t hitung > t tabel sebesar 4,219 > 1,99897, 3) secara bersamaan, variabel metode mind mapping dan metode jigsaw memiliki pengaruh yang ditunjukkan dengan nilai r square sebesar 0,501 = 50,1% terhadap hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode mind mapping, Metode jigsaw, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta |
Date Deposited: | 20 Apr 2024 09:17 |
Last Modified: | 20 Apr 2024 09:17 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/41 |