Solfia, Revi (2023) KEGIATAN LITERASI AL-QUR'AN PADA MATA PELAJARAN TA'LIMUL QUR'AN DI MI AL MA'HAD AN NUR BANTUL. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.
![[thumbnail of BAB I]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
19111684_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB II]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
19111684_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (340kB)
![[thumbnail of BAB III]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
19111684_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (330kB)
![[thumbnail of BAB IV]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
19111684_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (484kB)
![[thumbnail of BAB V]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
19111684_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (233kB)
Abstract
Literasi Al-Qur’an merupakan bentuk kegiatan pembiasaan diri membaca AlQur’an sebagai pedoman dalam kehidupannya, jika siswa sudah terbiasa membaca Al-Qur’an maka minat membaca Al-Qur’an di sekolah akan meningkat dan memiliki nilai positif sebagai umat Islam yang yang membaca dan mengamalkan setiap ayat dalam Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui pelaksanaan kegiatan kegiatan literasi Al-Qur’an pada mata pelajaran Ta’limul Qur’an di MI Al Ma’had An Nur Bantul, 2) mengetahui tingkat literasi Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran Ta’limul Qur’an di MI Al Ma’had An Nur Bantul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, instrumen pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian terdiri atas seluruh siswa kelas V dan guru Ta’limul Qur’an. Metode analisis data yang digunakan adalah model Sirkuler dan pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) pelaksanaan kegiatan literasi AlQur’an dalam pembelajaran Ta’limul Qur’an MI Al Ma’had An Nur Bantul dirancang dalam kurikulum, dilaksanakan dalam proses pembelajaran Ta’limul Qur’an dalam 2 kategori (Tahsin dan Tahfidz) dengan materi yang berbeda dan di evaluasi secara berkala. (2) Tingkat literasi Al-Qur’an dijelaskan dalam 2 kategori yaitu literasi membaca dan literasi menghafal. Tingkat literasi membaca berdasarkan perolehan juz 58,82% siswa berada pada level 5, 23,52% siswa berada pada level 4, 11,76% siswa berada pada level 3, 5,88% siswa berada pada level 2, 0% siswa berada pada level 0 dan 1. Tingkat literasi menghafal Al-Qur’an berdasarkan nilai rapor 47,0% siswa berada pada level 4, 41,17% siswa berada pada level 5, 11,17% siswa berada pada level 3, 0% siswa berada pada level 0, 1, dan 2.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Al-Qur’an, Membaca, Menghafal. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 04:48 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 04:48 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/42 |