Khanafi, Khafidhul Misbakhul (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PEGON DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMAHAMAN KITAB KUNING DI MADRASAH AL-WUSTHO UNGGULAN AN-NUR NGRUKEM. Masters thesis, IIQ AN-NUR YOGYAKARTA.
20101779_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Download (546kB)
20101779_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (243kB)
20101779_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (386kB)
20101779_BAB IV.pdf - Published Version
Download (416kB)
20101779_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (147kB)
Abstract
Aksara atau tulisan pegon merupakan sebuah produk akulturasi budaya Islam dengan masyarakat lokal yaitu huruf Arab yang di modifikasi ke dalam bahasa daerah di Nusantara yaitu bahasa Jawa dan Sunda. Hal ini bertujuan untuk menyebarkan ajaran Islam kepada masyarakat yang masih kental dengan kepercayaan sebelumnya. Perkembangan pegon tidak lepas dari peran para santri yang belajar di pondok pesantren. Di mana para santri selain belajar pengetahuan Agama Islam, mereka juga mempelajari aksara Arab. Pegon itu sendiri adalah model tulisan yang menerjemahkan kitab kuning dengan huruf Arab dalam bahasa Jawa. Pembelajaran pegon juga berperan dalam membantu para santri atau siswa untuk dapat memahami dan menyebarluaskan ketika sudah bisa menguasai. Oleh karena itu peneliti bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran pegon dan implikasinya terhadap pemahaman kitab kuning di Madrasah Al-Wustho Unggulan An-Nur Ngrukem serta mengkajinya lebih dalam tentang implementasi dan implikasi metode pembelajaran pegon di Madrasah Al-Wustho Unggulan An-Nur Ngrukem: 1) Bagaimana implementasi pembelajaran pegon di Madrasah Al-Wustho Unggulan An-Nur Ngrukem? 2) Bagaimana implikasi pembelajaran pegon terhadap pemahaman kitab kuning di Madrasah Al-Wustho Unggulan An-Nur Ngrukem? Penelitian ini juga untuk mengetahui dan memberikan informasi.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research di mana data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap tempat penelitian. Sedangkan analisis data yang digunakan ialah analisis (content analysis), yaitu reduksi data, kajian data, dan menggunakan uji keabsahan data triangulasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi pendidikan.
Hasil penelitian terkait implentasi pembelajaran pegon dan implikasinya terhadap pemahaman kitab kuning di Madrasah Al-Wustho Unggulan An-Nur Ngrukem ini. Yakni terkait implementasi dari pembelajaran pegon di Madrasah Al-Wustho Unggulan An-Nur Ngrukem dilakukan 3 tahapan (tahapan sebelum pengajaran, tahap pengajaran, dan tahapan sesudah pengajaran) termasuk bandongan dan sorogan. Sedangkan terkait implikasinya dari pembelajaran pegon di Madrasah Al-Wustho Unggulan An-Nur Ngrukem yakni (dapat membaca kitab kuning, dapat menjelaskan isi teks dan dapat mengembangkan kemampuan dan memahami kitab kuning).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode, Pembelajaran Pegon, Max Weber. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | User IIQ An Nur |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 08:40 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 08:40 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/470 |