Maghfiroh, Bahirotul (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB (MATERI BINATANG DI SEKITAR RUMAH) MELALUI MEDIA POP UP BOOK PADA SISWA KELAS TIGA DI MIN 1 BANTUL. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
20111869_COVER_BAB I (1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
20111869_BAB II (1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
20111869_BAB III (1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
20111869_BAB IV (1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
20111869_BAB V_DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (197kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan di MIN 1 Bantul, peneliti menemukan pemasalahan dan keresahan pembelajaran Bahasa Arab di kelas 3B MIN 1 Bantul yaitu kurangnya minat belajar terhadap Bahasa Arab dan pelajaran yang masih monoton, keresahan peneliti tidak ada generasi yang minat dengan pelajaran Bahasa Arab maka dari itu peneliti mencoba membuat media Pop Up Book untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa meningkat dan bagaimana setelah menggunakan media Pop Up Book.
Peneliti menggunakan Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi dua siklus dan empat tahapan yaitu perencanaan (Planning), tindakan (acting), observasi (observasing) dan refleksi (reflecting) . Teknik analisis data kuantitatif meliputi redukasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verivikasi, sedangkan analisis data kuantitatif menggunakan statistik sederhana. Hasil peneletian menggunakan media Pop Up Book dapat meningkatkan hasil belajar kelas 3B. Hal ini dilihat dari hasil belajar siswa pra siklus, siswa yang tuntas sebanyak 7 siswa dengan presentase 25,9% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 20 siswa 74,1%. Pada siklus I, siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa dengan presentase 55,5% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 12 siswa dengan presentase 44,5% dengan nilai rata – rata siswa yang diperoleh adalah 86,2. Pada siklus II menunjukkan bahwa ada 22 siswa yang tuntas dengan presentase 81,4% dan 5 siswa yang tidak tuntas dengan presentase 18,6% dengan rata-rata nilai siswa yang diperoleh adalah 9,1.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Bahasa Arab, Pop Up Book
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: User IIQ An Nur
Date Deposited: 19 Aug 2024 10:12
Last Modified: 19 Aug 2024 10:12
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/478

Actions (login required)

View Item
View Item