Rahmawati, Anisah (2024) PENGARUH BIMBINGAN KONSELING AKBAR DAN PEMBELAJARAN AKHLAK DI MADRASAH DINIYAH TERHADAP TINDAKAN ANTI BULLYING DI PONDOK PESANTREN AL-IMDAD BANTUL. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
20101848_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (976kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
20101848_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
20101848_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
20101848_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
20101848_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)

Abstract

Peneliti ini dilatarbelakangi adanya isu penting yang sedang marak didunia pendidikan saat ini, khususnya di ranah pondok pesantren. Hal ini tidak terlepas dari adanya fakta bahwa tindakan anti bullying memiliki pengaruh terhadap perkembangan dan kesuksesan santri. Tindakan anti bullying akan semakin sulit dihindari bila seseorang tidak memiliki akhlak yang baik. Di Pondok Pesantren Al-Imdad terdapat kegiatan pembelajaran akhlak dan bimbingan konseling yang diikuti oleh seluruh santri pelajar. Dengan adanya kegiatan tersebut, santri pelajar dapat menggunakan waktunya dengan sebaik mungkin dan meminimalisir tindakan anti bullying.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui a) ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan konseling dan tindakan anti bullying di Pondok Pesantren Al-Imdad. b) Seberapa besar hubungan yang positif dan signifikan antara pembelajaran akhlak dan tindakan anti bullying di Pondok Pesantren Al-Imdad. c) Seberapa besar pengaruh bimbingan konseling akbar terhadap kasus bullying di Pondok Pesantren Al-Imdad. Responden dalam penelitian ini berjumlah 155 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan menggunakan kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Instrumen dianalisis validasi isinya dengan rumus Aiken’s dan estimasi reliabilitasnya dengan Cronbach’s Alpha, selanjutnya data dianalisis dengan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan analisis yang dilakukan dapat menggunakan uji regresi berganda, diperoleh kesimpulan bahwa: a) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel bimbingan konseling (X₁) dan tindakan anti bullying (Y). Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai korelasi (r) sebesar 0,538, dan nilai p (sig) sebesar 0,050 b) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel pembelajaran akhlak (X₂) dan tindakan anti bullying (Y). Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai korelasi (r) sebesar 0,485 dan nilai p (sig) sebesar 0,000. c) Bimbingan konseling dan pembelajaran akhlak terhadap tindakan anti bullying sebesar 19,1% adapun sisanya, 80,9% memberikan pengaruh tindakan anti bullying dipengaruhi faktor lain.
Kata Kunci: Bimbingan Konseling, Pembelajaran Akhlak dan Tindakan anti bullying.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling, Pembelajaran Akhlak, Tindakan Anti Bullying
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: User IIQ An Nur
Date Deposited: 18 Sep 2024 07:40
Last Modified: 18 Sep 2024 07:40
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/568

Actions (login required)

View Item
View Item