Indra, Alma Arif (2024) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MUTU PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL (PDF) DI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLAH. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
18101476_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
18101476_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (836kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
18101476_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
18101476_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
18101476_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (283kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu Pendidikan Diniyah Formal (PDF) menurut Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 disebutkan bahwa pendidikan diniyah formal adalah pendidikan pesantren yang diselenggarakan pada jalur pendidikan formal sesuai dengan kekhasan pesantren yang berbasis Kitab Kuning secara berjenjang dan terstruktur. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui manajemen kepala sekolah dalam mutu Pendidikan Diniyah Formal (PDF). 2) Untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam mutu Pendidikan Diniyah Formal (PDF). 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen kepala sekolah dalam mutu Pendidikan Diniyah Formal (PDF). Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif studi kasus. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan teori Miles Huberman dan Saldana. Uji Keabsahan datanya dilakukan dengan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Manajemen kepala sekolah dalam Pendidikan Diniyah Formal (PDF) di Pondok Pesantren Fadlun Minallah terkait dengan fungsi kepala sekolah yaitu sebagai edukator, manajer, administrasi, dan supervisor, 2) Upaya kepala sekolah dalam mutu Pendidikan Diniyah Formal (PDF) di Pondok Pesantren Fadlun Minallah diwujudkan melalui 3 hal pokok, meliputi: Pertama, Pendidikan Diniyah Formal (PDF) dibentuk untuk tafaquh fiddiin. Kedua, penggunaan kurikulum merdeka belajar yaitu siswa bisa lebih banyak mengambil pelajaran melalui outdoor. Ketiga, penanaman karakter dapat membantu siswa Pendidikan Diniyah Formal (PDF) mempunyai karakter dapat dipercaya (trustworthy) dan dapat diandalkan (reliable). Faktor pendukungnya yaitu: 1) Imam, Islam dan Ihsan, 2) Legalitas, 3) Kurikulum, 4) Outdoor, 5) Keteladanan. Faktor penghambat yaitu: 1) Faktor Internal, 2) Faktor Eksternal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kepala Sekolah, Pendidikan Diniyah Formal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: User IIQ An Nur
Date Deposited: 18 Sep 2024 08:27
Last Modified: 18 Sep 2024 08:27
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/570

Actions (login required)

View Item
View Item