Salsabilla, Naimatu (2024) PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS XI DI SMKN 1 PANDAK BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
20101827_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
20101827_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
20101827_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
20101827_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (771kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
20101827_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kasus self harm yang dilakukan oleh salah satu siswi SMKN 1 Pandak. Salah satu faktor penyebabnya adalah rendahnya tingkat keharmonisan dalam keluarga yang menimbulkan banyaknya
problematika dalam keluarga sehingga dapat mengganggu pembelajaran siswa di sekolah. Dalam dunia pendidikan sendiri pengetahuan telah mendapatkan porsi yang besar, namun melupakan pengembangan perilaku dalam pembelajarannya.
Hal ini lah yang kemudian menjadi tugas dari seorang pendidik, khususnya dalam bidang Pendidikan Agama Islam untuk bisa mengembangkan karakter peserta didik di samping pengetahuannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada
tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara keharmonisan keluarga terhadap motivasi belajar serta untuk mengetahui seberapa besar keharmonisan keluarga berpengaruh terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas XI di SMKN 1
Pandak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan menggunakan pendekatan expost facto. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan mengambil sejumlah 187
siswa/i kelas XI berdasarkan rumus Slovin sebagai responden dalam penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah statistik deskripstif, uji prasyarat dan uji hipotesis penelitian.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara keharmonisan keluarga dengan motivasi belajar PAI siswa kelas XI. Hal ini dapat dilihat pada nilai T-test yaitu 8,147 yang memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000. 2) Besar pengaruh keharmonisan keluarga terhadap motivasi belajar dapat dilihat pada nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,264 yang menunjukkan nilai persentase 26,4%, maksudnya yaitu sebesar 26,4% besarnya pengaruh keharmonisan keluarga terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas XI di SMKN
1 Pandak, sedangkan 72,6% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keharmonisan Keluarga, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: User IIQ An Nur
Date Deposited: 19 Sep 2024 07:35
Last Modified: 19 Sep 2024 07:35
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/588

Actions (login required)

View Item
View Item