Mubaroroh, Sakhiyah (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM LIRIK ALBUM RELIGI AISHWA NAHLA (Kajian Studi Lagu Hasbi Robbi Jallallah, La Illahaillah, Bunda, Maha Guru dan Sholawat Thibbil Qulub). Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.
![[thumbnail of BAB I]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1510978_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
![[thumbnail of BAB II]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1510978_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (406kB)
![[thumbnail of BAB III]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1510978_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (354kB)
![[thumbnail of BAB IV]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1510978_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (643kB)
![[thumbnail of BAB V]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1510978_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (578kB)
Abstract
Salah satu musik bernuansa Islam yang bisa didengarkan adalah lagu dari Aisyhwa Nahla. Ia adalah penyanyi sekaligus hafidz berusia 7 tahun asal Palembang. Lagu-lagunya banyak disukai di platform video digital seperti Youtube. Dengan pembawaannya yang kalem, imut, lucu, menjadikan penonton merasa teduh. Lagu-lagu yang ia bawakan juga tidak hanya untuk anak seusianya namun juga untuk seluruh kalangan. Melalui lagu-lagu bernuansa islami seperti yang dilantunkan Aishwa Nahla harapannya nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dapat lebih mudah diterima dan melekat karena manusia cenderung mendengarkan musik di berbagai aktivitasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan nilai-nilai pendidikan Islam dalam lirik lagu religi Aisyhwa Nahla, yang meliputi nilai pendidikan Islam dalam lirik lagu Hasbi Robbi Jallallah, La Illahaillah, Bunda, Maha Guru dan Sholawat Thibbil Qulub. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kepustakaan dengan pendekatan metode semiotika. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dengan analisis data berupa metode deskriptif dan teknik analisis isi. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah: 1) Lirik lagu Hasbi Robbi Jallallah mengandung nilai pendidikan aqidah berupa pengajaran pentingnya akidah untuk didahulukan dalam segala aspek kehidupan dan nilainilai tauhid, nilai pendidikan ibadah berupa nilai ibadah dzikir, dan nilai pendidikan akhlak kepada allah dengan merendahkan diri kepadanya dan memuji bahwa Allah adalah satu-satunya di hati. 2)Lirik lagu La Illaha illallah mengandung satu nilai yaitu nilai pendidika akidah yang berupa akidah rububiyyah. 3) Lirik lagu Bunda mengandung nilai pendidikan aqidah berupa bakti seorang anak terhadap seorang ibu, nilai pendidikan ibadah berupa menghormati ibu yang merupakan salah satu amalan yang mulia, dan nilai pendidikan akhlak kepada seorang ibu. 4) Lirik lagu Maha Guru mengandung nilai pendidikan aqidah berupa meneladani akhlak Rasulullah yang baik dalam berbagai hal, tidak ada lirik khusus yang secara tersirat maupun tersurat mengandung nilai-nilai ibadah, dan nilai pendidikan akhlak yang dimiliki oleh Rasulullah berupa ikhlas, yakin, tawakkal, jujur dan amanah. 5) Lirik lagu Sholawat Thibbil Qulub mengandung nilai pendidikan aqidah berupa akidah rububiyyah, nilai pendidikan ibadah berupa nilai keikhlasan dalam ibadah dan nilai tawakkal dalam setiap pilihan hidup, dan tidak ada kata atau kalimat yang secara khusus mengandung nilai-nilai pendidikan akhlak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam, Album Religi Aishwa Nahla |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 06:41 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 06:41 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/59 |