Isneni, muslihati (2024) ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN DENGAN PENDEKATAN EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus di Waroeng Omah Sawah Miri, Bantul). Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.
![[thumbnail of BAB I]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
20401960_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB II]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
20401960_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (680kB)
![[thumbnail of BAB III]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
20401960_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (567kB)
![[thumbnail of BAB IV]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
20401960_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (640kB)
![[thumbnail of BAB V]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
20401960_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (341kB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah karena di era yang serba modern ini persaingan bisnis semakin kompetitif dalam memenangkan persaingan. Berbagai strategi pemasaran telah dilakukan baik dari segi produk, harga, tempat, dan promosi. Salah satu tempat bisnis yang menerapkan strategi bauran pemasaran 4P yaitu Waroeng Omah Sawah Miri, Bantul dengan tujuan untuk mempertahankan keberlangsungan penjualan serta dapat bersaing di tengah-tengah tingginya tingkat persaingan yang semakin kompetitif dengan tetap memperhatikan aturan syariat. Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh Waroeng Omah Sawah Miri, Bantul dengan pendekatan ekonomi syariah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field study research) dengan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisisnya menggunakan metode analisis deskriptif. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian : (1) Strategi pemasaran yang diterapkan oleh Waroeng Omah Sawah Miri, Bantul menerapkan strategi bauran pemasaran (marketing mix) meliputi Product (Produk), Place (Tempat/Distribusi), Price (Harga), Promotion (Promosi) (2) Strategi bauran pemasaran yang diterapkan Waroeng Omah Sawah Miri, Bantul menunjukkan hasil yang baik karena sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi syariah yang berlandaskan pada Al-Qur’an dan Hadis. Penelitian ini juga sebagai saran bagi para pelaku usaha untuk menerapkan bauran pemasaran yang sesuai dengan syariat Islam.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bauran Pemasaran, Ekonomi Syariah, Pemasaran |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | User IIQ An Nur |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 07:02 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 07:02 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/607 |