Hidayah, Nurul (2024) PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM TAHFIZ LTTQ TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT ILMU AL QURAN AN NUR YOGYAKARTA. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
20101799_COVER_BAB 1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
20101799_ BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
20101799_ BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
20101799_ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
20101799_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (260kB)

Abstract

Pembaruan kurikulum sangat penting dilakukan dalam semua aspek, termasuk desain, implementasi, dan evaluasi. Penting untuk menyesuaikan teknik pembelajaran dengan kebutuhan siswa saat ini untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kebutuhan pendidikan. Untuk meningkatkan kualitas program tahfiẓ memerlukan penyempurnaan dan finalisasi dalam kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan positif dan signifikan antara penerapan kurikulum tahfiz LTTQ terhadap motivasi menghafal mahasiswa. (2) Besar pengaruh kebijakan kurikulum tahfiz LTTQ terhadap motivasi menghafal mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Terdapat dua variabel yakni penerapan kurikulum tahfiẓ LTTQ, dan motivasi menghafal Al-Qur’an (Y). Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 Fakultas Tarbiyah IIQ An Nur Yogyakarta tahun ajaran 2024 dengan jumlah 77 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis kuesioner meliputi analisis validitas dan reliabilitas sedangkan analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Berdasarkan analisis yang dilakukan dengan uji regresi linier sederhana diperoleh kesimpulan bahwa: 1) variabel penerapan kurikulum tahfiz LTTQ (X) memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap variabel hasil motivasi menghafal Al-Qur’an (Y). hal itu ditunjukkan dengan adanya nilai korelasi sebesar 0,339 > 0 yang artinya terdapat hubungan yang positif (searah) antara X dengan Y, yaitu apabila X naik maka Y juga akan naik., 2) variabel penerapan kurikulum tahfiz LTTQ (X) memiliki pengaruh yang ditunjukkan dengan nilai r square sebesar 0,115 atau 11,5% terhadap Motivasi menghafal Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Kurikulum Tahfiz LTTQ, Motivasi Menghafal Al-Qur’an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: User IIQ An Nur
Date Deposited: 24 Sep 2024 10:06
Last Modified: 24 Sep 2024 10:06
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/629

Actions (login required)

View Item
View Item