Azizah, Mia Nur (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 BANTUL YOGYAKARTA (Studi Analisis Peran dan Tanggungjawab Guru PAI). Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
17101252_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
17101252_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
17101252_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[thumbnail of BAB  IV] Text (BAB IV)
17101252_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
17101252_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (183kB)

Abstract

Pada Tahun 2022, tepatnya pada bulan Juli Tahun Ajaran 2022/2023 Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) akan mulai diterapkan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) dan juga Kemenag Bantul secara serentak. Kurikulum ini sudah diterapkan oleh Madrasah Aliyah Negeri 3 Bantul Yogyakarta. Konsep dan arah atau implementasi kebijakan kurikulum ini merupakan sebuah solusi dalam permasalahan yang terjadi pada pendidikan di Indonesia, walaupun kurikulum baru ini mengalami berbagai tantangan yang bersifat dukungan dan tolakan dari segenap elemen pendidikan. Kurikulum baru yang dinilai terburu-buru harus diambil sisi positif dari kebijakan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk memahami implementasi penerapan kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. 2). Untuk mengetahui analisis peran dan tanggung jawab guru PAI Madrasah Aliyah Negeri 3 Bantul dalam penerapan Kurikulum Merdeka Belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitian dengan mengangkat data berdasarkan survei dan eksperimen di lapangan yang sudah disusun secara sistematis. Sumber data penelitian ini menggunakan dua sumber data, yaitu data primer berupa data implementasi peran guru MAN 3 Bantul pada kurikulum merdeka belajar. Dan data yang kedua yaitu data sekunder yang berupa informan dari Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan beberapa Guru Pendidikan Agama Islam MAN 3 Bantul. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Siswa MAN 3 Bantul dapat mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis project based learning, yang didapat dari pembelajaran PAI ini adalah keaktifan, kemandirian, tanggung jawab, serta kerjasama siswa yang bagus dibanding dengan kurikulum sebelumnya. Pada hal ini peran serta tanggung jawab guru PAI dalam melaksanakan pembuatan bahan ajar walaupun masih beradaptasi dengan kurikulum yang baru namun dengan adanya faktor pendorong yang berupa pemberian pelatihan oleh kepala madrasah, membuat sedikit demi sedikit guru mampu melaksanakan peran dan tanggung jawabnya untuk membuat peserta didik agar berkembang lebih baik, aktif, serta berpedoman akhlaq yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar, Project Based Learning, Peran Guru, Tanggung Jawab Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 27 Sep 2024 09:50
Last Modified: 27 Sep 2024 09:50
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/649

Actions (login required)

View Item
View Item