IMPLEMENTASI GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI SMA N 1 BAMBANGLIPURO BANTUL YOGYAKARTA

Dewi, Shalu Pritika (2022) IMPLEMENTASI GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI SMA N 1 BAMBANGLIPURO BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
16101100_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
16101100_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
16101100_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
16101100_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
16101100_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (235kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran PAI yang selalu membosankan ketika proses pembelajaran berlangsung, karena kurang kreatifnya guru pada metode pembelajaran sehingga peserta didik cepat bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pelaksanaan Google Classroom dalam meningkatkan motivasi belajar di SMA N 1 Bambanglipuro, 2) dampak positif dan negatif Google Classroom dalam meningkatkan motivasi belajar di SMA N 1 Bambanglipuro, 3) faktor pendukung dan Penghambat Google Classroom dalam meningkatkan motivasi belajar di SMA N 1 Bambanglipuro. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar penelitian di SMA N 1 Bambanglipuro Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan Tringulasi melalui tahapan sebagai berikut: 1) mencatat informasi, 2) mengumpulkan, 3) mengkatagorikan data. Kemudian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji readibilitas dengan tringulasi sumber. Berdasarkan penelitian dengan menggunakan metode sebagaimana diatas, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1) implementasi Google Classroom dalam memotivasi siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu dengan Granding, Communication, Assigments, Archiene Course, Privasi, Time Cost. 2) Dampak positif dan negatif dalam memotivasi siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI) yaitu dampak positifnya: meningkatkan partisipasi keaktivan peserta didik, meningkatkan kemampuan belajar mandiri peserta didik, materi lebih mudah dipahami dan diserap, lebih ringkas artinya, tidak berbelitbelit tetapi langsung ke pokok pembahasan materi pembelaajaran sesuai kebutuhan. Aplikasi ini bisa diakses 24 jam agar peserta didik bisa mempelajari kembali materi yang tadi dikirim. Dampak negatifnya yaitu: Proses pembelajaran menggunakan aplikasi ini secara individual dalam mengerjakan sehingga dapat mengurangi rasa sosial dalam peserta didik, Membutuhkan memori dan koneksi internet yang tinggi, Peserta didik bisa frustasi jika tidak bisa mengakses aplikasi Google Classroom ini. 3) Faktor pendukung dan penghambat Google Classroom pada Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar di SMA N 1 Bambanglipuro yaitu: faktor pendukungnya yaitu: disediakan fasilitas teknologi (proyektor, LCD,dan wifi), disediakan ruangan yang cukup. Faktor penghambat yaitu latar belakang [peserta didik yang berbeda dan guru PAI yang belum menguasai.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Google Classroom, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 24 Apr 2024 08:55
Last Modified: 24 Apr 2024 08:55
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/65

Actions (login required)

View Item
View Item